Laga PSM vs Dewa United Sempat Diwarnai Kericuhan, Kapolres Parepare: Tidak Ada Toleransi Bagi Pelaku

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Laga pada pekan kedua Liga 1 2023/2024 yang mempertemukan PSM Makassar vs Dewa United di Stadion Gelora BJ Habibie, Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (8/7/2023), sempat diwarnai kericuhan.

Dua kelompok superter PSM Makkassar yang berada di tribun selatan stadion gelora BJ Habibie melakukan aksi lempar, air gelas juga batu hingga beberapa korban alami luka-luka.

Suasan kericuhan di tengah jalannya pertandingan babak pertama tak berlangsung lama saat petugas gabungan TNI dan Polri segera mengendalikan situasi.

Kapolres Parepare, AKBP. Andiko Wicaksono, membenarkan hal tersebut. Adapun pelaku saat ini telah berhasil diamankan.

“Memang tadi di tengah jalannya pertandingan sempat terjadi fleksi antara dua kelompok suporter PSM Mkassar, terjadi lemparan batu dan kami berupaya mendalami sampai sejauh mana proses pengembangan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Andiko menjelaskan, setelah dilakukan pendalaman, sebanyak empat orang pelaku berhasli diamankan dan empat korban mengalami luka-luka.

“Sampai saat ini, pelaku yang diamankan berjumlah empat orang dan apabila terbukti maka akan diproses secara hukum, tidak ada toleransi, ruang terhadap kekerasan yang ditimbulkan di salah satu pertandingan sepak bola sesuai kebijakan Ketua PSSI, kita ketahui juga Presiden menginginkan pertandingan liga 1 dapat menjadi industri sepak bola yang mengedukasi” jelasnya.

Dari hasil pengembangannya juga, Andiko mengatakan jika dua kelompok suporter PSM Makassar itu memang memiliki story dendam.

“Jadi tadi kami juga memberikan arahan, mengimbau kepada dua kelompok yang bertikai agar segera mengakhiri perselisihan, karena kita tidak ingin lagi ke depan terjadi kericuhan seperti hari ini,” harapnya.

Atas kejadian itu, Andiko menuturkan akan dibahas dalam forum evaluasi bersama stakeholder. “Selanjutnya akan di keluarkan kesepakatan dengan tetap merujuk aturan yang berlaku atas pelaksanaan Liga 1 2023/ 2024 di stadion Gelora BJ Habibie” tutupnya.

Diketahui, hasil skor laga PSM Makassar vs Dewa United berakhir 1-2 pekan kedua Liga 1 2023/2024. Adapun Suporter yang hadir di stadion gelora BJ Habibie berjumlah 3.140 orang.
(***)

  • Bagikan