Panggung Capres di APEKSI Makassar

  • Bagikan
Balon Capres Dijadwalkan Hadir di Apeksi Makassar

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia akan menjadi panggung bagi bakal calon presiden. Ide-ide brilian mereka siap “ditawarkan” kepada puluhan pemerintah kota yang akan hadir di acara yang mulai dihelat, hari ini.

Calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto telah memastikan akan hadir di perhelatan Rakernas APEKSI di Kota Makassar. Rencananya, Ketua Umum Gerindra ini akan ‘tampil’ pada 13 Juli. Sementara itu, bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Ganjar Pranowo dan bacapres Partai
NasDem, Anies Baswedan, juga dijadwalkan hadir.\

“Tapi, kami masih menunggu konfirmasi waktu kedatangan keduanya,” ujar Kepala Bagian Kerja Sama Kota Makassar, Andi Zulfitra Dianta, Minggu (9/7/2023).

Zulfitra mengatakan, ketiga bakal calon presiden tersebut
sengaja dihadirkan untuk membahas beragam isu yang akan dihadapi Negeri ini ke depan. Menurut dia, panggung APEKSI akan dimanfaatkan oleh bacapres untuk menuangkan gagasan-gagasannya ketika menjadi presiden.

Pengamat politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Andi Ali Armunanto mengatakan para wali kota memiliki pengaruh pada pemilihan presiden nantinya. “Tentu yang berkumpul ini orang-orang yang memiliki pengaruh di seluruh Indonesia dan tentu saja dengan kondisi ini pasti akan dimanfaatkan oleh orang-orang yang memiliki ke pentingan politik,” kata Andi Ali.

“Pasti semua ini akan memiliki upaya untuk hadir (acara Apeksi) karena bisa menjalin komunikasi dan konsolidasi terhadap kepala-kepala daerah agar bisa dibantu dalam pemenangan,” sambung dia.

Menurut Andi Ali, ajang Rakernas APEKSI akan menajdi panggung politik bagi calon presiden maupun anggota DPR RI. Itu sebabnya mereka akan berusaha untuk bisa hadir karena para peserta Rakernas APEKSI punya simpul-simpul yang mengendalikan suara di daerah.

Sebanyak 90 wali kota maupun perwakilan akan hadir dalam Rakernas APEKSI yang digelar hingga Jumat 14 Juli 2023. Menurut Zulfitra, Rakernas APEKSI kali ini mengusung tema “Kota Kita Maju, Indonesia Kita Kuat”.

Sebagai tuan rumah, pemerintah Kota Makassar menyatakan kesiapannya menyambut para tamu yang hadir pada Rakernas APEKSI. Sehari sebelum acara dimulai, persiapan telah mencapai 99 persen. Rakernas APEKSI 2023 ini akan menjadi ajang pertemuan para wali kota se Indonesia untuk mengkonsolidasikan kekuatan dan mengatasi tantangan pembangunan di pemerintah kota ke depan.

Salah satu isu utama yang akan dibahas dalam Rakernas APEKSI yakni peningkatan daya saing kota-kota di Indonesia. Para wali kota akan mendiskusikan upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam menghadapi berbagai tantangan mulai dari kepemudaan, meningkatkan daya saing kota, melestarikan budaya, menjaga lingkungan hidup, serta memperluas peluang investasi.

Tak hanya itu, Presiden RI Joko Widodo yang dijadwalkan membuka Rakernas APEKSI. Adapun menantu Jokowi yang Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama istri Kahiyang Ayu, terkonfirmasi akan hadir pada Selasa 11 Juli.

Sementara, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka belum terkonfirmasi akan ikut meramaikan acara tersebut. Pada Rakernas APEKSI 2023 ini disuguhkan beberapa rangkaian kegiatan kegiatan Rakernas di Makassar, antara lain Youth City Changers, Gala Dinner, Rapat Kerja, Indonesia City Expo, Fun Sport dan Penanaman Pohon, City Tour, Ladies Program, Forum Bisnis: Makassar Investment Forum, dan Investment Dinner.

Sebagai rangkaian acara pembuka Rakernas APEKSI 2023, yakni Youth City Changers yang akan berlangsung pada tanggal 10 hingga 11 Juli 2023 di Tokka Tena Rata, Kabupaten Maros. Kegiatan ini akan diikuti oleh
pemuda dari 98 kota se Indonesia yang merupakan peserta APEKSI.

Tak hanya itu, kegiatan ini akan melibatkan delegasi dari
Singapura. Pada kegiatan Youth City Changers akan dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo sebagai salah satu tokoh inspiratif yang akan membahas tema “Merebut 2045”, selain itu tentunya hadir Ketua Umum APEKSI sekaligus Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Makassar Andi Pattiware mengatakan para tokoh inspiratif ini akan diberikan waktu masing-masin 15-20 menit untuk berbagi pengalaman dan wawasan mereka dalam mencapai kesuksesan sebagai bentuk motivasi bagi pemuda.

“Pembicara kami beri waktu 15-20 menit untuk membahas tema yang diangkat,” ujar Pattiware.

Adapun serangkaian kegiatan dalam Youth City Changers yakni Social Night and Bonfire, Forum Diskusi, Commission Meeting dan Inspirational talk show.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan Rakernas APEKSI 2023 yang diselenggarakan di Kota Makassar merupakan suatu kehormatan. Maka dari itu, Danny menyebut terus mematangkan persiapan untuk kegiatan Youth City Changers ini, mulai dari venue, logistik, air bersih hingga keamanan.

Dia meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkot Makassar untuk bekerja maksimal. “Ini gengsi dan legasi kita.
Makassar sudah berhasil menggelar OTDA dan MNEK jadi tidak boleh menganggap enteng APEKSI. Jadilah tuan rumah yang terbaik,” ucap Danny.

Pada tanggal 11 Juli 2023, akan digelar gala dinner bertajuk’ Makassar Kota Makanan Enak’ yang akan diadakan di anjungan Pantai Losari. Acara ini akan menampilkan kekayaan kuliner kota Makassar yang terkenal lezat.

Di hari selanjutnya, pada tanggal 12 Juli akan dilangsungkan pembukaan resmi forum Rakernas dan panel dengan seremonial menabuh gendang oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Ada pula event Indonesia City Expo (ICE) yang akan menampilkan produk dan potensi kota-kota di Indonesia. Selain itu, terdapat karnaval seni budaya di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Kota Makassar, di mana perwakilan dari tiap kota akan memamerkan kekayaan budaya mereka dengan mengenakan pakaian adat khas daerah masing-masing.

Pada tanggal 13 Juli, para wali kota akan terlibat dalam
rapat pleno dan panel, di mana mereka akan berdiskusi tentang langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mewujudkan Indonesia yang kuat melalui peningkatan daya saing kota.

Ada pun event Indonesia City Expo (ICE) yang akan menampilkan produk dan potensi kota-kota di Indonesia. Selain itu, terdapat karnaval seni budaya di
kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Kota Makassar. Setiap perwakilan dari tiap kota akan memamerkan kekayaan budaya mereka dengan mengenakan pakaian adat khas daerah masing-masing.

Para peserta Rakernas APEKSI juga akan berpartisipasi dalam kegiatan fun sport bersepeda santai di anjungan Pantai Losari, serta melakukan penanaman pohon sebanyak 300 tabebuya.

Terdapat karnaval seni budaya di kawasan Center Point
of Indonesia (CPI) Kota Makassar, di mana perwakilan dari tiap kota akan memamerkan kekayaan budaya mereka dengan mengenakan pakaian adat khas daerah masing-masing. Selain itu, dijadwalkan City Tour di Benteng Rotterdam dan Ladies Program yang melibatkan talkshow, demo memasak, dan peragaan busana.

Pada tanggal 14 Juli, kegiatan terakhir dalam Rakernas APEKSI XVI akan diselenggarakan Makassar Investment Forum (IMF) di Hotel Claro. Agenda ini sebagai kesempatan bagi setiap pemerintah kota untuk membuka peluang kerja sama dan investasi guna mempercepat pembangunan kota mereka.

Rakernas APEKSI 2023 Digelar di Makassar, Polrestabes Maksimalkan Pengamanan Sementara itu, Kepolisian Resor Kota Besar Makassar menyiapkan personel untuk berjaga sepanjang kegiatan Rakernas APEKSI. Banyaknya tamu istimewa yang direncanakan hadir, membuat Polrestabes Makassar melakukan pengamanan ekstra.

“Jauh sebelum pelaksanaan kami sudah melaksanakan rapat koordinasi dengan penyelenggaraan terkait pengamanan. Yang jelas kami maksimalkan pengamanan sehingga kegiatan ini berlangsung lancar, aman, dan kondusif hingga selesai,” ujar Kepala Seksi Humas Polrestabes Makassar, Kompol Lando KS.

Lando mengatakan, penempatan pasukan di lokasi kegiatan, jalur yang akan dilalui rombongan tamu APEKSI, hingga tempat penginapan. Namun dalam pengamanan ini, Polrestabes Makassar disebut bekerja sama dengan Polda Sulsel, TNI, dan instansi terkait. Adapun untuk pengamanan rencana kedatangan Presiden akan dilakukan oleh Paspampres.

“Jadi pengamanan itu baik di lokasi acara maupun rute yang akan dilalui rombongan tamu, demi kelancaran arus lalu lintas. Kita juga sudah lakukan layout penempatan personil, dan me nunjuk personil yang akan melakukan penjagaan,” sebutnya.

Lando tak menyebut secara rinci berapa personel Polrestabes Makassar yang dilibatkan dalam pengamanan. Dia hanya menyebut personel termasuk kendaraan taktis akan diturunkan dalam pengamanan kegiatan ini. Diapun menyampaikan kepada masyarakat untuk mendukung kegiatan ini dan meminta untuk sama-sama menjaga kota Makassar agar tetap aman dan kondusif.

“Untuk kendaraan taktis nanti kalau ada titik dianggap rawan seperti unjuk rasa. Jadi kita siapkan bukan untuk hal apa, menakut-nakuti masyarakat, tapi dilaksanakan seperti pengamanan yang rutin dilakukan. Kami juga berharap masyarakat ikut bekerja sama dalam menjaga Kamtibmas, apalagi ada tamu, jadi dimohon untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak terpuji,” imbuh dia. (*)

  • Bagikan