Minum Kopi di Atas Jam 9 Pagi Bisa Menyehatkan Tubuh, Kok Bisa?

  • Bagikan
Ilustrasi. Ngopi Pagi Bikin Tubuh Sehat

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Banyak orang mungkin tidak dapat memulai hari mereka tanpa menyeruput kopi. Beberapa di antaranya bahkan akan langsung meminum secangkir kopi panas ketika baru bangun tidur atau sebelum memulai mengerjakan aktivitas yang lain.

Namun, sebenarnya minum kopi pada pagi hari setelah bangun tidur ternyata tidak memberikan dampak yang terlalu baik bagi kesehatan.

Dilansir dari Orlandohealth, dampak positif minum kopi pada pagi hari bisa Anda dapatkan dengan menunggu beberapa jam setelah bangun tidur.

Hal tersebut lantaran kadar kortisol dalam tubuh dapat melonjak sepanjang hari dan memuncak antara pukul 08.00 dan 09.00, antara pukul 12.00 dan 13.00, dan antara pukul 17.30 dan 18.30.

Minum kopi selama lonjakan kortisol dapat menyebabkan tubuh Anda menafsirkan kafein sebagai pengganti kortisol, yang akhirnya menumpuk. Selain itu, hal ini juga menyebabkan toleransi dan rendering kafein tidak efektif.

Jadi, saat yang tepat untuk Anda minum kopi adalah ketika kadar kortisol dalam tubuh sedang rendah, yaitu setelah pukul 09.00.

Lantas, apa manfaat minum kopi pada pagi hari, terutama pada jam tersebut?

Alasan mengapa minum kopi pada pagi hari menyehatkan
Kopi merangsang produksi dopamin, suatu neurotransmitter di otak yang menimbulkan perasaan menyenangkan. Ini sebabnya, minum kopi pada pagi hari membuat Anda merasa puas dan segar.

Di luar sentakan euforia ini, penelitian menunjukkan ada beberapa manfaat kesehatan yang yang ada dalam satu cangkir sehari.

Kopi memiliki nutrisi dasar membantu melindungi dari diabetes tipe 2, penyakit parkinson, penyakit hati, kanker hati, dan juga meningkatkan kesehatan jantung.

Beberapa nutrisi tersebut meliputi Riboflavin, Vitamin B12 dan B3, Niasin, Magnesium, Kalium.

Manfaat minum kopi pada pagi hari, Dikutip dari scitechdaily, berikut ini adalah sederet manfaat minum kopi pagi yang baik untuk tubuh:

  1. Memberikan dorongan energi
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat membantu seseorang merasa lebih terjaga dan waspada daripada yang seharusnya.

Oleh karena itu, tidak heran jika orang di hampir setiap budaya minum kopi untuk bersiap-siap menjalani hari.

  1. Membantu proses penurunan berat badan
    Kopi mengandung kafein yang dikaitkan dengan penurunan berat badan.

Penelitian yang dilakukan di University of Georgia menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi kafein saat berdiet mengalami peningkatan tingkat energi yang pada gilirannya menyebabkan berkurangnya rasa lapar.

  1. Meningkatkan fungsi otak
    Kopi mengandung antioksidan dan nutrisi lain yang dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak. Misalnya, penelitian telah menemukan bahwa minum kopi setiap hari dapat membantu melindungi otak Anda dari penurunan terkait usia.

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kafein dapat membantu meningkatkan rentang perhatian dan konsentrasi.

Dengan kata lain, kopi bisa membantu Anda fokus dan tetap waspada.

Tak hanya itu, penelitian juga menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan memori jangka pendek dan mencegah penurunan kognitif.

  1. Melindungi kesehatan hati
    Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi memiliki tekanan darah lebih rendah daripada mereka yang minum kopi tanpa kafein.

Selain itu, tinjauan studi klinis menemukan bahwa minum kopi dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit arteri koroner.

  1. Meningkatkan stabilitas dan keseimbangan
    Kopi bisa menjadi minuman untuk menstabilkan kesehatan mental Anda. Misalnya, kafein dapat membantu Anda tetap tenang saat merasa cemas atau stres.

Demikian pula, kafein juga dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi yang berguna untuk tetap fokus pada studi atau pekerjaan Anda. (*)

  • Bagikan