Kakanwil Kemenkumham Sulsel Hadiri Pembukaan Rakernas XVI Apeksi 2023

  • Bagikan
Forkopimda Sulsel Hadiri APEKSI

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kepala Kantor Wikayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenkumham Sulsel), Liberti Sitinjak hadiri Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) tahun 2023 di Upper Hils Convention Hall, Tanjung Bunga Makassar, Rabu (12/7).

Rakernas ini bertemakan “Kota Kita Maju, Indonesia Kita Kuat” dan dihadiri oleh para Walikota serta pejabat Pemerintah Kota terkait dari seluruh Indonesia.

Pembukaan ditandai dengan penabuhan gendang oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri Hajar Diantoro, Sekretaris Direktur Eksekutif APEKSI, Alwis Rustam, Ketua Umum APEKSI Bima Arya, dan Wali Kota Makassar selaku tuan rumah Moh. Ramdhan Pomanto.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dalam sambutannya menekankan pentingnya peran kota-kota Indonesia dalam memajukan bangsa.

“Maka dengan itu APEKSI hari ini merupakan momentum yang sangat bersejarah. Tentu banyak aspirasi dan inspirasi dari kota yang dibutuhkan untuk membangun negeri dengan semangat sinergi,” ujar Moh Ramdhan Pomanto.

Dia juga menyampaikan Rakernas APEKSI ini menjadi platform penting bagi para pemimpin kota untuk berkolaborasi, berbagi pengalaman, dan mencari solusi inovatif dalam menghadapi tantangan perkotaan yang semakin kompleks.

Sementara Itu, Ketua APEKSI Bima Arya menyampaikan bahwa Rakernas APEKSI terdapat 3 pesan utama yang akan digagas pada Rakernas kali ini.

“Pertama APEKSI konsisten mengawal otonomi, kedua, optimis menuju Indonesia Emas 2045, dan ketiga semangat politik pembangunan yang terkoordinasi dengan baik antara pusat dan daerah,” ucap Bima Arya.

Diharapkan, hasil dari pertemuan ini akan mendorong terwujudnya pembangunan kota yang lebih baik, yang memberikan manfaat langsung bagi penduduk setempat. Selain itu, juga memperkuat posisi Indonesia sebagai negara yang maju dalam pembangunan perkotaan yang berkelanjutan. 

Gubernur Sulsel Andi Sudirman mengapresiasi Walikota Makassar Danny Pomanto dalam mengemas kegiatan yang melibatkan banyak pihak.

“Alhamdulillah, kami apresiasi walikota makassar selalu hadir jadi tuan rumah event nasional sampai internasional di Sulsel. Ini menandakan bahwa Sulsel khususnya Makassar semakin solid dan bersinergi dalam pelaksaan Tugas dan Fungsi,” ujarnya. (*)

  • Bagikan