Pemkot Parepare Dukung Tiga Pesan Utama Rakernas di Apeksi XVI Tahun 2023

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim, mewakili Wali Kota Parepare, Taufan Pawe memimpin jajaran Pemerintah Kota Parepare menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesian (Apeksi) Tahun 2023 di Kota Makassar.

Rakernas Apeksi dibuka resmi Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro atas nama Menteri Dalam Negeri, di Upper Hills Convention Hall, Makassar, Rabu (12/7/2023).

Turut hadir Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman beserta jajaran Forkopimda Sulsel. Ketua Dewan Pengurus Apeksi yang juga Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto hadir bersama Direktur Eksekutif Apeksi, seluruh Koordinator Wilayah Apeksi, dan para anggota Apeksi. Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto hadir bersama seluruh jajaran Forkopimda Makassar, dan pejabat Pemkot Makassar.

Beberapa Bupati di Sulsel, juga turut hadir dalam pembukaan Rakernas Apeksi.

Rakernas berlangsung dua hari, Rabu dan Kamis (12-13/7/2023), dengan berbagai rangkaian kegiatan pendukungnya mulai 10 sampai dengan 14 Juli 2023.

Ketua Apeksi Bima Arya Sugiarto dalam sambutan menekankan, tiga pesan utama Rakernas untuk Indonesia. “Pertama, pesan kunci Apeksi konsisten mengawal otonomi. Kita evaluasi, kita kawal, termasuk otonomi reformasi birokrasi,” kata Bima.

Pesan kedua, Bima mengemukakan bahwa menyongsong Indonesia Emas 2045, dengan target Indonesia berada di nomor 5 dunia kemajuan sektor ekonomi tidak akan realistis, tanpa konsolidasi, kolaborasi, dan kaderisasi.
“Nonsen tanpa siapkan kaderisasi. Karena itu, Apeksi kumpulkan anak muda dari seluruh penjuru Indonesia dalam Youth City Changers. Mereka disiapkan untuk menjadi calon-calon pemimpin masa depan,” tegas Bima sembari memperkenalkan Laila Ramadani, delegasi Kota Ternate Maluku Utara, peserta terbaik Youth City Changers (YCC) angkatan kedua

Dan pesan ketiga, Bima mengungkapkan, Apeksi siap mengawal tahun politik 2024. “Kita harus kolaborasi dan mengawal keberlanjutan pembangunan setiap kota di Indonesia. Kita mengawal untuk tahun politik yang aman dan damai,” pesan Bima.

Sementara, Wali Kota Makassar, Ramdhan Pomanto mengulas bahwa konsep acara pembukaan Rakernas didesain peserta duduk berbentuk bulatan, menunjukkan sinergi, karena seluruh Wali Kota di Indonesia duduk sejajar. “Dan konsep Wali Kota duduk di belakang para peserta undangan adalah filosopi kalau seluruh Wali Kota anggota Apeksi mendahulukan masyarakatnya,” ungkap Danny Pomanto, sapaannya.

Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim, yang turut memberikan testimoni pada Rakernas ini menyatakan mendukung tiga pesan utama Rakernas Apeksi untuk Indonesia.

“Bersama Bapak Wali Kota dan seluruh jajaran Pemerintah Kota Parepare, pastinya kami mendukung tiga pesan yang disampaikan oleh Bapak Ketua Apeksi tadi. Kita komitmen mengawal otonomi daerah, perlu konsolidasi, kolaborasi, dan kaderisasi dalam menyonsong Indonesia Emas 2045, serta mari bersama kita kawal tahun politik 2024 agar berjalan damai, tertib, aman, dan lancar. Sehingga akhirnya kita bisa mewujudkan Kota Kita Maju, Indonesia Kita Kuat,” tandas Pangerang Rahim.

Dari jajaran Pemkot Parepare yang mendampingi Wakil Wali Kota (Wawali), di antaranya Sekda, Iwan Asaad, Inspektur Kota Husni Syam, Asisten I Amina Amin, Asisten II Suriani, Asisten III Eko W Ariyadi, Plt Kepala Bappeda Zulkarnaen Nasrun, para Kepala SKPD dan pejabat Pemkot Parepare.
(***)

  • Bagikan