Anggota APEKSI Perkenalkan Seni dan Budaya Lewat Indonesia City Expo

  • Bagikan
Panggung Budaya APEKSI XVI

MAKASSAR, BACAPESAN.COM –  Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVI Tahun 2023 dimeriahkan gelaran Panggung Seni Budaya Indonesia City Expo (ICE). Acara ini diselenggarakan mulai 11 hingga 14 Juli ini dipusatkan di Pantai Losari-Center Point of Indonesia.

Expo ini bertujuan untuk mempromosikan potensi dan inovasi dari masing-masing kota di Indonesia, serta memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman di antara pemerintah kota anggota APEKSI.

Yang menarik, ICE dimeriahkan ratusan booth yang terdiri dari masing-masing pemerintah kota yang menampilkan potensi dan program unggulan yang sedang dikembangkan.

Ada berbagai sektor yang dipamerkan mulai dari infrastruktur dan investasi, pariwisata, teknologi, hingga ekonomi kreatif. Pada Hari pertama pelaksanaan digelar pula lomba tari dari berbagai daerah yang tidak hanya mempertontonkan seni tetapi juga budaya yang dimiliki masing-masing daerah. 

Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto dalam sambutannya mengapresiasi gelaran ini. Dirinya berharap kegiatan ini dapat memperkuat kolaborasi antar pemerintah kota dan mendorong pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia.

“Semoga ICE bukan hanya jadi pameran tapi juga ajang share and care, sama-sama kita peduli dengan Indonesia dengan share inovasi masing-masing,” ucap Danny Pomanto.

Terpisah, Ketua Umum APEKSI Bima Arya mengapresiasi penyelenggaraan ICE kali ini. Menurutnya, Makassar beruntung karena memiliki ruang publik yang cukup untuk melaksanakan kegiatan seperti ini.

“Tetapi bukan sekadar beruntung, ini adalah perencanaan pembangunan, well design dari wali kota. Ini pelajaran bahwa menjadi tuan rumah APEKSI bukan hanya kemauan tapi juga kemampuan,” katanya.

Lebih jauh, Bima Arya juga memuji Danny Pomanto yang memiliki kemampuan untuk mengatur segala sesuatu hingga ke bagian paling detail. Menurutnya, hal tersebut menggambarkan kepemimpinan yang bukan hanya berbicara secara makro, tapi juga mikro.

“Makassar punya struktur besar ruang publik yang bersahabat yang ditunjang dengan kemampuan organisir acara yang baik,” sebutnya.

Diharapkan, melalui expo ini terjalin hubungan yang erat antar pemerintah kota serta munculnya berbagai inisiatif dan kerja sama yang dapat mendorong kemajuan kota-kota di Indonesia. Agar lebih semarak, pada akhir penyelenggaraan ICE tanggal 14, band kenamaan Ibu Kota yakni Armada akan ikut memeriahkan. (Hikmah/B)

  • Bagikan