Danny Pomanto Buka MIF, Sudah Tiga Negara Lirik Proyek Japparate Pemkot Makassar

  • Bagikan
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto Beri Keterangan ke Awak Media Soal MIF di Hotel Claro, Jumat (14/7).

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto atau akrab disapa Danny Pomanto resmi membuka Makassar Investment Forum (MIF) di Hotel Claro, Jumat (14/7). Kegiatan ini menghadirkan pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

Diketahui, ada sepuluh negara terkonfirmasi hadir dalam MIF 2023. Mereka yakni Korea Selatan, Italia, Belanda, Rusia, Inggris, Australia, Jepang, Jerman, Taiwan dan Singapura.

Danny Pomanto mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam forum ini menawarkan proyek Japparate ke para investor. Sejauh ini, ada tiga negara melirik proyek ini, salah satunya Korea Selatan.

“Makassar sudah listed di Investment Project Ready to Offer (IPRO). Artinya, proyek Japparate ini siap pre-building atau pra tender. Jadi, ada enam negara yang sudah menyatakan minat ke Japparate,” ungkap Danny Pomanto, Jumat (14/7).

Sejauh ini, Danny Pomanto menjelaskan, proyek Japparate ini sudah siap untuk diperkenalkan di para investor. Meski begitu, sisi regulasi terkait proyek strategis Pemkot Makassar ini masih digodok. Prefisibility studi, analisis dampak lingkungan (amdal) sampai pada sertifikasi lokasi sudah rampung.

“MIF ini sangat bermanfaat bagi Makassar. Kemudian, manfaat ini tentunya bisa seluruh daerah di Indonesia,” jelasnya.

Danny Pomanto menjelaskan, Proyek Japparate ini memiliki nilai investasi sebesar Rp5 triliun. Dimana rute proyek ini akan melintas sepanjang Pantai Losari dan skenario yang menguntungkan. Artinya, investor yang pesimis dengan itu tetap akan merasakan manfaatnya dalam Japparate.

“Setelah ini, kita dorong Tol Rood-Ring Rood. Ini melanjutkan Elevated Rood mengelilingi Jalan AP Pettarani dan berputar hingga Anjungan Pantai Losari. Kira-kira sepanjang 22 Km. Ini investasi sangat menarik,” paparnya. (*)

  • Bagikan