Wali Kota Parepare Buka Pembekalan Calon Paskibraka 2023

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESA.FAJAR.CO.ID – Hadapi peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI Tahun 2023, Pemerintah Kota Parepare melalu Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), mempersiapkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Setelah melalui tahap seleksi, hari ini Paskibraka Kota Parepare diberi pembekalan yang dibuka langsunng oleh Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

Dalam arahannya, Taufan Pawe mengatakan, Paskibraka merupakan putra-putri terbaik bangsa, kader pemimpin bangsa yang direkrut dan diseleksi secara bertahap dan berjenjang melalui sistem dan mekanisme pendidikan, dan pelatihan yang menanamkan nilai-nilai kebangsaan serta penguatan aspek mental, dan fisik agar memiliki kemampuan prima dalam melaksanakan tugas sebagai pasukan pengibar bendera pusaka.

“Kalian patut bersyukur dari ratusan pendaftar namun hanya 74 yang lololos, silahkan mengikuti pembekalan ini dengan baik karena dalam membangun sikap mental diperlukan pada pelaksanaan pengibaran bendera merah putih pada 17 agustus mendatang,” jelasnya.

Walikota Parepare dua periode ini menambahkan, tidak hanya pembekalan fisik, namun para paskibraka juga diharapkan dapat mengikuti materi tentang wawasan kebangsaan.

“Saya berpesan kepada seluruh peserta diklat calon anggota Paskibra untuk menerima materi secara seksama dan penuh perhatian serta disiplin yang tinggi sehingga menjadi bekal dalam mempersiapkan diri, baik secara fisik dan mental guna mengembang tugas negara, khususnya dalam pengibaran Bendera Merah Putih pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia,” terangnya.

Pada kesempatan itu juga, Walikota Taufan Pawe juga menyampaikan terima kasih kepada para pelatuh dari TNI mapun Polri, serta narasumber yang akan memberikan mater kepada para calon Paskibraka.

“Semoga kalian sukses mengibarkan sang Saka Merah Putih pada peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Kota Parepare tanggal 17 Agustus 2023 akan datang, begitupun yang menjadi perwakilan ke tingkat provinsi,” tambahnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Badan Kesbangpol Parepare, Rustan Asta, menambahkan, sebanyak 74 Calon Paskibraka yang mengikuti pembekalan hingga besok 18 Juli 2023. Empat orang yakni dua putra dan dua putri akan mewakili Parepare ke tingkat Provinsi Sulsel, dan 70 orang masing-masing 35 putra dan 35 putri Paskibraka tingkat Kota Parepare.

“Setelah mengkuti pembekalan selama dua hari, selanjutnya 70 orang Paskibraka Parepare akan mengikuti karantina sampai 15 agustus 2023,” tambahnya.
(***)

  • Bagikan