DPRD Pinrang Gelar Rapat Paripurna Persetujuan Penerimaan LPJ APBD 2022

  • Bagikan
Bupati Pinrang Irwan Hamid

PINRANG, BACAPESAN.COM – Bupati Pinrang Irwan Hamid hadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pinrang terkait Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2022 di ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pinrang, Kamis (20/7).

Agenda ini mengenai persetujuan bersama antara Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Pinrang terhadap Ranperda Tentang pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022.

Ketua DPRD Kabupaten Pinrang Muhtadin mengungkapkan, pengambilan keputusan dalam persetujuan bersama ini didasari pada mekanisme yang telah dilaksanakan sesuai pasal 9 peraturan DPRD Kabupaten Pinrang no.1 tahun 2018 sebagaimana telah diubah pada Peraturan DPRD Kabupaten pinrang nomor 3 tahun 2020 yang menyebutkan bahwa hasil pembicaraan tingkat pertama disampaikan oleh badan anggaran pada rapat paripurna DPRD.

Sementara itu, Bupati Pinrang Irwan Hamid mengungkapkan penyampaian pertanggungjawaban adalah tugas dari Pemerintahan Daerah sebagai bentuk pertanggungjawaban pengaturan pengelolaan keuangan daerah seperti yang tercantum dalam undang – undang keuangan negara.

“Oleh sebab itu, Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD perlu ditetapkan dalam peraturan daerah selain sebagai proses akhir pelaksanaan APBD tiap tahunnya,” ujar Irwan.

Lebih lanjut Irwan mengungkapkan, pertanggungjawaban ini disampaikan kepada DPRD Kabupaten Pinrang agar dapat diketahui secara luas oleh masyarakat.

Irwan juga mengungkapkan penyampaian Laporan Pertanggungjawaban ini dimaksudkan sebagai bahan evaluasi dalam rangka peningkatan dan penyempurnaan tugas – tugas pada tahun berikutnya serta menjaga kesinambungan pelaksanaan program yang sedang berjalan.

Pada kesempatan ini, Irwan juga mengungkapkan, apresiasi perlu disampaikan kepada seluruh pihak termasuk para Anggota DPRD Kabupaten pinrang yang telah terlibat dalam penyampaian laporan pertanggungjawaban ini sehingga dapat disetujui bersama diantara pihak eksekutif dan legislatif.

“Semoga kita semua tetap diberikan kekuatan dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara maupun abdi masyarakat,” tutup Irwan.

Pada kesempatan ini, hadir unsur Forkopimda, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Pinrang, Sekretaris Daerah kabupate Pinrang Ir.Budaya,MM, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat, Kepala Bagian Sekretariat Daerah Kabupaten Pinrang dan unsur terkait lainnya. (Amran/A)

  • Bagikan