Jelang HUT Proklamasi, 71 Calon Paskibraka Pangkep Mulai Digenjot

  • Bagikan
71 Calon Paskibraka Pangkep Mulai Digenjot

PANGKEP, BACAPESAN.COM – Sebanyak 71 pelajar SMA terpilih mengikuti pendidikan dan pelatihan(Diklat) calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka(Paskibraka) tingkat kabupaten Pangkep.

Calon Paskibraka Pangkep terdiri dari 37 putra dan 34 putri, berasal dari 19 SMA dan sederajat di kabupaten Pangkep.

Diklat Calon Paskibraka Pangkep tahun 2023 tersebut dibuka langsung wakil bupati Pangkep, Syahban Sammana, di Tribun Alun-alun Citra Mas, Pangkajene, Rabu(26/07/2023).

Syahban Sammana berharap, calon Paskibraka dapat melaksanakan tugas dengan baik. Syahban juga menyampaikan, bahwa sebelum terpilih, calon Paskibraka ini telah melalui serangkaian seleksi.

“Saya sampaikan ke mereka, tidak lagi membawa diri, tapi menjaga nama daerah. Kita doakan mereka sehat dan fokus dalam latihan. Kita berharap apa yang diraih tahun lalu bisa dipertahankan bahkan lebih,”jelasnya.

Pelatih Paskibraka Pangkep, Pelda (Purn) Harun mengatakan, mereka yang mengikuti Dilklat telah mengikuti berbagai tahapan dan seleksi. Seleksi tingkat sekolah dan seleksi tingkat kabupaten.

Adapun materi seleksi meliputi wawasan kebangsaan dan intelejensi umum secara online yang tingkat kelulusan ditentukan oleh pusat dengan standar nilai 70.

Tidak hanya itu, calon Paskibrak juga mengikuti tes PBB, tes kesamaptaan jasmani dan bakat. Lebih jauh dikatakan Harun, untuk tahap latihan paskibraka dimulai 26 Juli hingga 14 Agustus.

“Adapun tahapannya kegiatannya, pembukaan, proses latihan, pengenalan sang merah putih, acara renungan, pengukuhan dan pelaksanaan saat hari H 17 Agustus pengibaran dan penurunan,”jelasnya.

Untuk diketahui, tahun ini, sebanyak empat pelajar Pangkep juga terpilih mengikuti Diklat Paskibaraka di tingkat provinsi Sulsel.(*)

  • Bagikan