LMA Buangin Minta Camat Rantebua Dicopot, Ini Alasannya

  • Bagikan
Suasana di Aula Kecamatan Rantebua

TORUT, BACAPESAN.COM – Sejumlah masyarakat Kelurahan Buangin, Kecamatan Rantebua, Toraja Utara (Torut) yang mengatasnamakan Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Buangin minta camat Rantebua, Yofita Sampe Allo dicopot dari jabatannya. Alasannya, selama menjabat dianggap semena-mena terhadap masyarakat.

Hal ini disampaikan LMA Buangin saat datangi kantor Kecamatan, Rabu, 26 Juli 2023 dalam aksi demonstrasi dari Toparengge’, Kandian Lima, Pa’buntuan Sugi, dan Himpunan Mahasiswa Toraja Timur (HMTT).

Jenderal Lapangan Aksi, Rante Bunga Salu menyampaikan masyarakat LMA meminta camat untuk dicopot dari jabatannya karena dianggap semena-mena terhadap masyarakatnya.

“Salah satu contoh mengangkat perwakilan Lembaga Adat Buangin untuk duduk di Lembaga Adat Pendamai Kecamatan tanpa melibatkan Lembaga Adat dan pemangku adat yang ada,” ungkap Rante.

Kemudian camat juga memberhentikan Tenaga Kontrak Daerah (TKD) yang sudah mengabdi selama 10 tahun dan sudah memiliki SK, sudah ada di APBD. Selain itu, honor TKD dan kepala lingkungan se-kecamatan Rantebua dari Januari 2023 sampai sekarang belum dibayarkan.

Lebih lanjut dijelaskan Rante menjelaskan camat juga menolak menandatangani surat kenaikan pangkat Lurah Buangin dan staf PNS Kantor Kecamatan Rantebua.

Lalu, tidak mengizinkan BKKBN melaksanakan kegiatan rapat koordinasi dengan kader yang ada di tingkat Kelurahan Lembang se-Kecamatan Rantebua.

“Camat juga mengalihkan pekerjaan jalan rabat beton yang bersumber dari dana Stimulan Buangin, padahal sebelumnya masyarakat telah menyepakati pekerjaan jalan pada poros Bangkudu-Lempangan,” paparnya.

“Namun Camat Rantebua ngotot pekerjaan jalan dilaihkan ke perbatasan Kelurahan Buangin dengan Kelurahan Bokin. Bahkan dana lelang swadaya masyarakat Buangin di acara rambu solo’ untuk pembersihan lapangan sepak bola persiapan bupati cup pun ikut disunat camat,” tambahnya.

Dirinya menyampaikan tindakan semena-mena yang dilakukan camat tersebut sangat melukai hati masyarakat Rantebua. Khususnya masyarakat Buangin sementara kedudukan kantor Kecamatan Rantebua berada dalam lingkungan Kelurahaan Buangin.

“Kami atas nama masyarakat Buangin meminta pak Bupati untuk mencopot Camat Rantebua karena tidak mencerminkan selayaknya pejabat yang amanah ” tegas Rante. (Cherly)

  • Bagikan