Peluncuran Buku Biografi: Kolega Sebut Prof Husain Syam Adalah Patriot, Handal dan Sukses

  • Bagikan
Rektor UNM Prof Husain Syam Didampingi Sang Istri Berikan Sambutan Peluncuran Buku Biografi PHS, Kamis (27/7).

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam hari ini terlihat begitu terharu dan bangga dengan diluncurkannya buku biografinya berjudul Panggung Harmoni Sang Super Star yang digelar di gedung Teater Fhinisi UNM, Kamis, 27 Juli 2023.

Buku yang ditulis Prof Karta Jayadi ini mengulas tentang jejak sosok pria yang akrab disapa PHS itu atas pengabdiannya selaku Rektor UNM selama dua periode.

Dalam kesempatan itu, PHS menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada semua pihak karena kegiatan peluncuran buku berjalan lancar.

“Saya sampaikan penghargaan kepada semua pihak, termasuk saudaraku asal Sulbar yang jauh jauh datang ke Makassar untuk menghadiri acara peluncuran buku ini,” kata PHS.

PHS menyampaikan bahwa akademisi tidak boleh salah tapi boleh berbohong, tetapi berusaha untuk menjadi benar.

“Demi Allah, saya tidak mengetahui secara utuh buku biografi ini. Ini salah satu bentuk penilaian oleh penulis atas reputasi, dedikasi selama memimpin UNM,” ucap PHS.

Sementara dalam pandangan koleg PHS, eks Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI (Purn) Andi Muhammad Mappanyukki menyebut bahwa PHS itu sosok yang patriot, handal dan sukses. Hal ini sesuai dengan singkatan namanya.

Meski belum lama mengenal PHS, namun menurutnya, Ketua KKMSB Wilayah Sulsel ini merupakan figur yang mumpuni dan merupakan kolega atau sahabat yang baik.

“Beliau ini menurut saya orangnya tangguh, tegas, bijaksana dan unggul di segala bidang. Meski akademisi, namun bagi saya PHS ini seperti anggota militer tetapi tetap santun,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Rektor Universitas Gorontalo, Prof Eduart Wolok ikut memberikan penilaian positif atas peluncuran Buku Biografi PHS.

Kata Prof Eduart, apa yang tersaji dalam buku biografi PHS ini adalah gambaran umum rekam jejak PHS.

“Buku ini belum cukup menggambarkan beliau, tetapi itulah gambaran jejak jejak PHS yang harus diketahui masyarakat umum. Apalagi, beliau punya niat pulang kampung memperbaiki Sulbar,” ujarnya.

Sementara itu, Prof. Karta Jayadi mengatakan, PHS adalah salah seorang tokoh pendidik bertalenta yang menapak karir dengan jenjang lengkap secara dan cemerlang, hingga mencapai jabatan Rektor UNM selama dua periode. PHS dinilai piawai mampu mengangkat nama baik UNM.

“PHS adalah Leaders yang tidak mempunyai kapasitas tangguh, tetapi juga membawa nama baik UNM dipercaturan nasional dalam hal kemampuan leadership memimpin siatu universitas terbaik di kawasan timur Indonesia,” ucap Prof. Karta.

Buku ini tertuang dalam tujuh bab dengan 77 halaman yang menyinggung karakter PHS yang luar biasa dan layak menjadi pemimpin masa depan menuju Sulawesi Barat.

Panggung Harmoni Sang Super Star bertabur bintang ini juga dihadiri para tokoh masyarakat Sulsel dan Sulbar, anggota DPRD dan mantan anggota DPRD asal Sulawesi Barat seperti H.Hamzah Hapati Hasan. Selain itu juga dihadiri tokoh pemuda dan pimpinan lembaga perbankan. (*)

  • Bagikan