Pemkot Parepare Segera Bentuk UPT PPA Menuju KLA Kategori Utama

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Setelah berhasil meraih penghargaan Kota Layak Anak kategori Nindya berturut-turut tiga kali hingga ditahun 2023, Pemerintah Kota Parepare optimis akan naik tingkat ke kategori Utama.

Hal ini disampaikan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Parepare, Jumadi, Kamis (27/72023).

Jumadi menguraikan, penghargaan kota layak anak kategori nindya ini telah diraih mulai tahun 2021, 2022, dan di tahun 2023 baru-baru ini diserahkan langsung oleh Menteri PPPA Bintang Puspayoga ke Wakil Walikota Pangerang Rahim yang mewakili Walikota Taufan Pawe, di Padma Hotel, Semarang, Jawa Tengah, pada Sabtu malam (22/7/2023).

Jumadi menguraikan, jika melihat indikator penilaian kota layak anak oleh Kementerian PPPA, di kota Parepare pelaksanaannya sudah maksimal dan berdasarkan hasil penilaian tahun ini hasilnya sudah 9.14 poin dari 1.000 target poin nilai yang harus dicapai.

“Dari hasil penilaian itu, verifikasi lapangan penilaian kota layak anak di Parepare tahun 2023 tidak lagi dilakukan karena memang nilai dari penilaian indikator sudah kami penuhi,” terang Jumadi.

Selanjutnya kata dia, ke depan pihaknya optimis naik tingkat ke kategori utama penilaian Kota Layak Anak di tahun 2024.

“Untuk naik ke ketegori utama, salah satu syaratnya membentuk lembaga namanya UPT Perlindungan, Perempuan dan Anak (PPA) yang menjadi syarat indikator penilaian, dan untuk meraih ini kita perlu kerja kolaborasi seperti yang selalu ditekankan oleh Bapak Walikota (Taufan Pawe),” paparnya.

Pembentukan UPT PPA di Parepare tambah Mantan Sekwan DPRD Parepare ini, tengah dalam tahap proses verifikasi di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Insyaallah tahun depan (2024), Pemerintah Kota Parepare optimis bisa naik ke kategori Utama penghargaan Kota Layak Anak,” tambahnya.
(***)

  • Bagikan