Prof Muammar Bakry Resmi Nahkodai Universitas Islam Makassar Al-Gazali

  • Bagikan
Pelantikan Rektor UIM Terpilih Prof Muammar Bakry

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Prof Muammar Bakry resmi menjadi nahkoda baru Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali periode 2023-2027.

Posisi ini diperoleh Prof Muammar setelah dilakukan penyerahan jabatan secara simbolis oleh Rektor sebelumnya Prof DR Ir A Majdah M Zain yang disaksikan langsung Ketua Dewan Pembina Yayasan Al-Gazali, Jusuf Kalla dalam acara Pelantikan Rektor Universitas Islam Makassar Al-Gazali, Rabu (2/8).

Prof Andi Majdah M Zain dalam sambutannya berterimakasih kepada seluruh pihak yang berkontribusi dalam kemajuan UIM.

“Saya ingin berterimakasih kepada Ketua yayasan dan pendahulu kami, tentu banyak yang telah dilakukan hingga hari ini. Selamat kepada rektor baru dengan segala kapasitasnya. saya optimis dengan nahkoda baru ini, UIM akan bergerak terus mencapai misinya, berkualitas berdasarkan agama ahli sunnah wal jamaah. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi selama ini, saya berterimakasih karena telah mendukung saya selama berkiprah di UIM,” kata Prof Majdah.

Rektor terpilih Prof. Dr. Muammar Bakry dalam sambutannya berterimakasih atas amanah yang diembannya mulai hari ini.

“Sesungguhnya amanah ini sangat berat. Dari sisi internal apa yang kita liat sekarang ini sesungguhnya kinerja luar biasa oleh prof Majdah apalagi saat ini kita bisa menerima 1500 hingga 2000 mahasiswa. selain itu kita bisa melihat bangunan yang sangat ikonik di Makassar, dari itu saya berpikir apakah bisa mendekati kinerja ibu rektor atau tidak, ini terlalu berat bagi saya,” pungkasnya.

“Secara eksternal lebih berat lagi kompetitor seperti UIN, UMI, dan Unismuh. jika melihat pada spit berapa saya harus bergerak, maka saya melihat harus menggunakan transmisi turbo. namun melihat SDM UIM dan visi misi yang dicanangkan insyaallah bisa bersanding dengan lainnya. Kami berharap UIM bisa menjadi rujukan ummat di era moderen. visi kami UIM menjadi Umat, Iptek Modern. Ada juga visi kemilau bintang 9 yang akan menjadi roh UIM dimana kami memerlukan ekosistem sehingga bisa terwujud dan tercapai nilai madani,” Sambungnya.

Sementara itu, Koordinator Kopertis Wilayah VIII, Prof Hamdan Juhannis mengapresiasi Prof Muammar. Menurutnya Rektor Baru UIM ini orang yang sangat berkompeten.

“Saya tau Prof Muammar bukan karena pernah menjadi Dekan di UIN Alauddin Makassar, namun karena telah bersahabat sejak lama. Kapasitas keilmuannya luar biasa, bahasa inggrisnya bagus bahasa arabnya apalagi. Pesan saya semoga di UIM dengan kapasitasnya semua bisa di dilakukan,” ucapnya

Ketua Umum Yayasan Al- Gazali, Fatima Kalla berharap Rektor baru bisa menjalankan tugasnya sesuai visi misi yang ada.

“Harapan kami untuk Rektor baru agar kami bisa mendukung dan mensupport apa mimpi-mimpi bapak, sesuai visi misi UIM. Kami telah revisi landasan dan visi agar betul-betul bisa direalisasikan. Kami berharap kualitas SDM bisa meningkat lagi, agar keluaran mahasiswa lebih berkualitas juga mendorong dosen meraih gelar S3. Saat ini UIM telah memiliki sekitar 70 Doktor dan bisa menjadi guru besar. Untuk akreditasi diharapkan dapat baik sekali untuk semua minimal di akhir periode bapak,” harapnya. (Hikmah/B)

  • Bagikan