Dampak El Nino: Dirut PDAM Makassar Minta Warga Tak Kuatir, Siapkan Strategi Penanganan

  • Bagikan
Direktur Utama (Dirut) Perumda Air Minum (PDAM) Makassar, Beni Iskandar

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Dampak El Nino mulai dirasakan di Makassar. Kekeringan mulai melanda sejumlah daerah. Khususnya kawasan Utara dan Timur Kota yang menjadi kawasan paling sulit akses air.

Bahkan, Prakirawan Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar, Rizky Yudha mengatakan, kemarau tahun ini akan lebih kering dari periode yang sama tahun lalu. Hal ini diprediksi akan berlangsung hingga September mendatang.

Berdasarkan citra satelit menunjukkan hampir semua wilayah di Sulsel telah memasuki musim kemarau. Utamanya wilayah Sulsel bagian Barat.

“Meski puncak musim kemarau terjadi di Sulsel, potensi hujan di masih ada, utamanya wilayah Sulsel bagian Selatan dan Utara. Hal ini wajib diwaspadai, utamanya masalah kebutuhan air,” kata Rizky.

Kaitan hal ini, pihak PDAM Makassar yang dipimpin Benny Iskandar telah mengambil langkah taktis untuk mengatasi masalah ini. Ini kata dia menjadi strategi penanganan kekeringan.

Direktur Utama (Dirut) Perumda Air Minum (PDAM) Makassar, Benny Iskandar mengatakan, dampak kekeringan dari El Nino ini sudah dirasakan oleh masyarakat. Mengacu pada jumlah debit air di Lekopancing Maros yang sudah menurun di bawah satu meter.

Solusi yang disediakan pihaknya adalah penyediaan pompa pada sejumlah titik air baku untuk menyuplai kawasan yang kering.

  • Bagikan