Diskop Kota Makassar Beri Wadah Promosi Koperasi dan UMKM

  • Bagikan
Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi Buka Cooperative expo 2023, Jumat (4/8).

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar kembali memberikan ruang promosi bagi pelaku usaha atau koperasi di Kota Makassar.

Ada 27 koperasi serta 15 pembiayaan dan perbankan yang ikut meramaikan.Koperasi ini memperlihatkan produk-produk UMKM milik masyarakat yang dikelola oleh koperasi.

Usaha atau produknya tersebut, dipajang dan diperkenalkan lewat stand yang dipamerkan. Kali ini melalui Cooperative Expo 2023, digelar di Trans Studio Mal, Jumat-Minggu, 4-6 Agustus 2023.

Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar, Muh Sukma Saleh mengatakan Cooperative Expo 2023 ini tentu juga merupakan rangkaian peringatan Hari Koperasi Nasional ke-76, tingkat Kota Makassar.

“Selama ini belum pernah diperingati dan belum pernah mengadakan expo seperti ini, pertama kali,” ucapnya.

Expo Kali ini kata Ukhe–sapaannya, menyediakan 40 tenan food yang diisi oleh 27 koperasi dan sisanya itu dari lembaga perbankan yang di koordinir oleh OJK selaku ketua forum komunikasi industri jasa keuangan.

“Jadi ini koperasi yang diikutkan, memang koperasi-koperasi yang ada binaan UMKM, kemudian juga disamping ini kita fasilitasi mereka antara koperasi dengan lembaga-lembaga perbankan,” tuturnya.

Makanya dalam tenan itu juga ada Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB) dimana dibawah naungan Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia.

LPDB itu mereka hadir memberikan bantuan permodalan kepada koperasi-koperasi. Makanya nanti berharap dalam expo ini ada transaksi yang terjadi antara LPDB dengan koperasi-koperasi.

“Sebenarnya banyak koperasi yang mengajukan permohonan, cuma karena prosedurnya ketat, kemudian persyaratannya juga banyak, sehingga ada beberapa koperasi kita yang mengajukan itu belum sempat di setujui oleh LPDB,” ucapnya.

Melalui expo ini, penutupan nantinya diharapkan bisa melakukan pencairan untuk permohonan bantuan koperasi itu. Koperasi selaku pembina hanya diminta untuk membantu dan memfasilitasi.

“Sampai hari ini sesuai data base yang ada dikota Makassar itu ada 1964 koperasi, namun yang aktif ada 1028 koperasi, jadi mungkin sekitar 50% dari jumlah koperasi keseluruhan yang ada dikota Makassar,” ucapnya.

Wakil Walikota Makassar, Fatmawati Rusdi mengatakan Cooperative Expo ini diisi dengan pameran koperasi, lembaga perbankan, serta lembaga keuangan lainnya.

Juga menampilkan pasar murah serta berbagai perlombaan yang melibatkan anggota gerakan koperasi serta lembaga-lembaga keuangan di Kota Makassar.

“Artinya kegiatan ini memiliki makna penting sebagai bentuk partisipasi pihak-pihak swasta untuk membantu pemerintah daerah dalam memberikan peluang usaha kepada para pedagang maupun lembaga ekonomi lainnya untuk meningkatkan pendapatannya secara ekonomis,” ucapnya.

Namun kata Fatmawati, tak kalah pentingnya kegiatan ini diharapkan juga sebagai sarana mempromosikan produk-produk UKM binaan Koperasi di Kota Makassar serta instansi dan pihak swasta kepada pengunjung. Sehingga tercipta sebuah interaksi yang secara otomatis akan tercipta pula hubungan silaturahmi yang baik pada kegiatan kali ini.

“Selain itu melalui kegiatan Cooperative Expo ini, tentunya kita semua berharap, Koperasi dan Lembaga Perbankan menjadi barometer dan punya peran penting dalam meningkatkan aspek Permodalan dan Nilai Produk dari para pelaku usaha di Kota Makassar,” ucapnya.

Oleh karena itu pada kegiatan kali ini diharapkan ada sinergi dan kolaborasi sehingga para pelaku usaha dapat mengetahui maupun menerima pelayanan serta memenuhi dan mendapatkan kebutuhan guna meningkatkan prospek usahanya kedepan.

Event ini selain pameran produk, juga banyak lomba dan setiap harinya akan dimeriahkan dengan band performance, penampilan tarian tradisional serta talkshow dan sharing session dari perbankan.

Berikut rangkaian Acara Cooperative Expo. Jumat, Agustus 2023 yaitu Opening Ceremony pada 4 Agustus 2023, Awarding 15 Koperasi terbaik kota Makassar dan Lomba Fashion Show. Agenda Sabtu 5 Agustus yaitu Lomba Cerdas Cermat dan Minggu, 6 Agustus 2023 Smesco Idol atau Lomba Menyanyi. (*)

  • Bagikan