Layanan BPJS Keliling Berikan Banyak Kemudahan Layanan Bagi Masyarakat Desa Mattirobulu

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – BPJSehatan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masayarakat Indonesia salah satunya dengan layanan BPJS Keliling. Layanan ini menawarkan berbagai jenis pelayanan mulai dari pendaftaran, perubahan data, perubahan kelas, perubahan fasilitas kesehatan, konsultasi dan informasi serta melakukan registrasi Aplikasi Mobile JKN.

BPJS Kesehatan Cabang Parepare kembali menghadirkan layanan BPJS Keliling di Puskesmas Mattirobulu, Kabupaten Pinrang, Senin (07/08). Melalui Program BPJS Keliling, diharapkan masyarakat setempat dapat lebih mudah mengakses layanan administrasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Andi Rismaniswati Syaiful menyampaikan bahwa kehadiran layanan BPJS Keliling ini untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang sudah terdaftar maupun yang belum menjadi peserta JKN untuk mengakses layanan administrasi dengan mudah.

“Berbagai manfaat pelayanan yang bisa didapatkan melalui BPJS Keliling ini. Pada umumnya masyarakat yang tidak sempat untuk mengurus kepesertaan di kantor karena jarak dan kesibukan lainnya, melalui BPJS Keliling semoga tidak lagi menjadi hambatan untuk dapat mendapatkan pelayanan,” ujar Andi Rismaniswati.

Andi Rismaniswati juga mengungkapkan, masyarakat juga bisa mengakses informasi apa saja terkait kepesertaan dirinya baik itu data peserta, anggota keluarga, jumlah tagihan maupun pembayaran iuran. Selain itu, pada layanan jemput bola ini juga menerima penyampaian pengaduan apabila ternyata peserta pernah mendapatkan kendala saat mengakses pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan.

Layanan jemput bola yang sebelumnya dikenal dengan Mobile Customer Service (MCS) ini merupakan layanan yang digaungkan oleh BPJS Kesehatan dengan tujuan memudahkan masyarakat yang membutuhkan layanan administrasi tapi tempat tinggalnya berada jauh dari kantor BPJS Kesehatan.

Kemudahan ini dirasakan sendiri oleh Ade Irma, salah satu warga Desa Mattirobulu, mengakui memanfaatkan layanan BPJS Keliling untuk mengecek kepesertaan JKNnya serta mengunduh Aplikasi Mobile JKN.

“Tadi saya kebetulan lewat dan melihat ada mobil BPJS Kesehatan, akhirnya saya coba mengecek kartu saya apakah masih aktif atau tidak. Takutnya nanti saat mau dipakai berobat tidak bisa digunakan karena tidak aktif,” ujarnya.

Irma berterima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah mengenalkan Aplikasi Mobile JKN, mulai dari mengunduh hingga melakukan registrasi. Selain itu ia juga mendapatkan edukasi terkait penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai identitas peserta JKN.

“Layanan BPJS Keliling ini sangat membantu kami yang ingin melakukan pengurusan administrasi tetapi belum memiliki waktu untuk datang ke Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Pinrang karena beberapa kesibukan. Tadi petugasnya juga mengenalkan kanal layanan lain yang bisa diakses hanya dengan menggunakan ponsel,” tambah Irma.

Dengan adanya BPJS Keliling ini, dia pun merasa sangat terbantu. Ia mengaku rutin menggunakan kartu JKNnya untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan karena penyakit penyakit yang ia derita.

Peserta lain yang ditemui Tim Jamkesnews, Sucitra juga sangat antusias dengan hadirnya BPJS Keliling ini di lingkungannya. Ia merasa bersyukur karena tidak perlu jauh-jauh lagi ke Kantor BPJS Kesehatan untuk mendapatkan pelayanan.

“Alhamdulillah, dengan adanya kunjungan dari BPJS Kesehatan ini saya jadi lebih mudah mendaftarkan anak saya menjadi peserta JKN tanpa harus repot lagi ke Kantor BPJS Kesehatan,” ungkap Sucitra.

Ia mengacungi jempol pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan, menurutnya pelayanan yang ia dapatkan sama seperti saat ia berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan. Pegawai yang bertugas melayani di BPJS Keliling ini juga memberikan edukasi terkait pelayanan administrasi melalui kanal lain yang dapat diakses oleh peserta JKN.(***)

  • Bagikan