Hari Ini, DPRD Gelar Paripurna Tetapkan Tiga Nama Usulan Pj Gubernur Sulsel

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Setelah melalui proses panjang, DPRD Provinsi Sulsel akhirnya menyepakati dan menetapkan 3 nama untuk diusulkan ke Kemendagri agar dipilih sebagai calon Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel.

Tiga nama Calon Pj dari Dewan akan ditetapkan lewat rapat Paripurna, Selasa (8/8) di DPRD Sulsel. Agenda pengesahan usulan nama Pj Gubernur menggantikan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman yang akan berakhir masa jabatan pada tanggal 5 September 2023.

Pembahasan alot dari jam 17.00 sore sampai 20. 35 wita. Adapun tiga nama yang telah disepakti oleh Pimpinan DPRD dan anggota fraksi yakni Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Depdagri, Dr Drs Bachtiar MSi, Laksamana TNI AL Abdul Rivai (Staf Ahli Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Menko Polhukam), Staf ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang hukum, Prof. Dr. H. Aswanto, SH, MH.

Sedangkan nama Jufri Rahman., M.Si, (staf ahli bidang pemerintah dan otoda Kemenpan RB) tidak masuk. Ini membuat lambat karena loby-loby saat rapat berlangsung.

“Tiga nama calon PJ. Gubernur sudah disepakati dan ditetapkan fraksi dan pimpinan Dewan. Diantaranya pak Bachtiar, Rivai Ras, Aswanto. Sedangkan pak Jufri tidak masuk,” kata salah satu sumber usai rapat Senin (7/8/2023) malam.

Sebelumnya, Ketua Fraski NasDem DPRD Sulsel, Ady Anshar mengatakan pokok inti dari pertemuan adalah telah finalisasi tiga nama usulan DPRD untuk disampaikan ke pusat.

“Sudah finalisasi usulan nama-nama Pj yang akan kita bawa untuk disahkan di Paripurna besok (Selasa 8-8-2023). Besok itu kita paripurna,” jelasnya.

Politisi asal Kabupaten kepulauan Selayar itu mengaskan bahwa adanya tiga nama ini bersifat final. Sehingga saat di rapat paripurna tak ada lagi usulan fraksi ataupun partai lain. Karena jelas agenda paripurna penetapan usulan nama Pj Gubernur.

“Ini kita kan kerucutkan menjadi tiga nama, sudah final menjadi tiga nama. Jadi di Paripurna kita sampaikan jadi tidak ada lagi istilah dari fraksi a, b, c atau d. Karena kita sudah kompromikan semua nama-nama yang ada,” tuturnya.

Ditambahkan, dalam menentukan nama-nama Pj Gubernur ini, diawali usulan fraksi partai di DPRD Sulsel maupun pimpinan. Bahkan disaring baik-baik dengan menghitung peluang mereka. Sampai kepada kesimpulan bahwa nanti tiga nama ini yang akan didorong.

“Kan awalnya, kita jaring semua didapatlah nama-nama yang banyak. Kemudian kita simpulkan bahwa yang keluar tiga nama. Ini kan kita konfirmasi sampai kepada kesimpulan bahwa nanti tiga nama ini yang akan kita dorong,” tuturnya. (*/raksul)

  • Bagikan