Judas Amir Serahkan SK Remisi ke 628 WBP Lapas Palopo

  • Bagikan
Wali Kota Palopo Judas Amir Serahkan SK Remisi ke WBP

PALOPO, BACAPESAN.COM – Wali Kota Palopo Judas Amir menyerahkan SK remisi Kemerdekaan RI kepada 628 warga binaan Lapas Palopo.

Kegiatan penyerahan remisi dilakukan secara simbolis di Pelataran Lapangan Pancasila Kota Palopo bersamaan dengan rangkaian Upacara peringatan HUT RI ke-78 Kota Palopo.

Dalam sambutannya, Judas menyampaikan bahwa pemberian remisi untuk warga binaan Lapas Palopo merupakan bentuk kepedulian Negara RI yang menjunjung tinggi pengakuan atas Hak Asasi Manusia. Dengan harapan, warga binaan tidak mengulangi pelanggaran hukum kapanpun dan dimanapun berada.

“Untuk itu, dalam nuansa Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 ini, Lapas Kelas IIA Palopo sebagai kepanjangan tangan dari Menteri Hukum dan HAM RI menyelenggarakan pemberian remisi bagi Narapidana dan Anak yang telah memenuhi persyaratan sesuai peraturan perundang-undangan,” kata Judas.

Judas juga memberikan apresiasi kepada Kepala Lapas Kelas IIA Palopo beserta jajarannya, yang telah memberikan pengabdian dan mendharma baktikan tenaga serta pikiran khususnya dalam hal pembinaan bagi segenap warga binaan sehingga dapat terwujud suatu karakter warga binaan yang patuh dan tertib.

Kalapas Palopo, Jhonny H Gultom mengatakan pemberian remisi kepada warga binaan pemasyarakatan merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap warga binaan yang tertib mengikuti program pembinaan.

“Tujuan pembinaan adalah untuk menyiapkan bekal mental ritual dan sosial untuk dapat berdedikasi secara sehat disaat kembali ditengah tengah masyarakat.” jelasnya.

Ia berharap, pemberian remisi ini dapat dijadikan motivasi untuk memacu diri, tetap berperilaku baik terhadap peraturan dan tetap mengikuti program pembinaan dengan tertib dan sungguh-sungguh.

“Tanamkan dalam benak saudara-saudara sekalian, bahwa proses yang sedang anda jalani sekarang bukan merupakan penderitaan semata, namun sebuah proses pendidikan dan pembinaan untuk menjadi manusia yang lebih baik, lebih kuat, lebih ber martabat dari sebelumnya,” tegasnya.

Penerima Remisi Umum (RU) I dengan rincian, 136 warga binaan pemasyarakatan (WBP) menerima 1 Bulan remisi, 156 WBP menerima 2 Bulan, 154 WBP menerima 3 Bulan, 110 WBP menerima 4 Bulan, 47 WBP menerima 5 Bulan, dan 20 WBP menerima 6 Bulan remisi serta RU II sebanyak 4 orang. (Hikmah/B)

  • Bagikan