Tantangan Berat Menanti Tiga Petahana Calon DPD RI asal Sulsel

  • Bagikan
Tiga Petahana DPD asal Sulsel

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI lewat KPU Sulsel sudah mengumumkan Daftar Caleg Sementara (DCS) calon DPD RI asal Sulsel. Sesuai data DCS, ada 18 calon DPD RI asal Sulsel yang akan memperebutkan 4 kursi di Sulsel.

Dari 18 figur itu masih ada 3 petahana yang bertahan. Masing-masing Andi Ihsan, Lily Amelia Salurupa, Tamsil Linrung. Sedangkan Ajiep Padindang memilih maju lewat jalur DPR RI.

Pengamat Politik Muhammad Asratillah menilai, dari 18 calon tersebut ada tantangan tersendiri bagi 3 calon petahana DPD RI.

“Menurut saya ke tiga incumbent masih berpotensi duduk kembali. Kenapa demikian ? Karena mereka punya pemilih serta tim yang masih terpelihara sampai saat ini,” ujar Asratillah, Senin (28/8).

Lanjut dia, belum lagi program-program yang melibatkan konstituen di tingkat bawah, ini tentu saja memperbesar soliditas tim dan pemilih.

Ada satu faktor penting yang cukup membedakan pertarungan calon anggota DPD dan calon anggota legislatif, yakni faktor ketokohan.

Anggota DPD dipersepsi oleh masyarakat sebagai representasi kedaerahan, sehingga representasi mereka sebagai tokoh yang berkharisma menjadi hal penting.

“Para new comer yg masuk dalam kontestasi calon DPD, mesti mampu membangun dan memframing diri sebagai figur yang memiliki aura ketokohan,” tururnya.

Tentu ini bukan hal mudah, karena salah satu yang menentukan ketokohan seseorang adalah rekam jejak kontribusi mereka kepada masyarakat luas.

Di samping itu, simpul-simpul relawan mesti didistribusikan berdasarkan pertimbangan geopolitik prioritas.

“Karena setiap figur memiliki latar belakang kebudayaan yang berbeda-beda dan ini menentukan segmen pemilih seperti apa yang mesti mereka garap,” pungkasnya. (*/raksul)

  • Bagikan