Rudi Hartono, Caleg Dapil IV Maros Fokus Kembangkan Pariwisata di Cemara

  • Bagikan
Rudi Hartono

MAROS, BACAPESAN.COM – Tokoh Masyarakat Mallawa, Rudi Hartono mantapkan diri untuk bertarung dalam perhelatan Pemilu 2024. Ia maju sebagai calon anggota DPRD Kabupaten Maros di Daerah Pemilihan IV, Cenrana, Camba, Mallawa.

Inisiator yang membangun Kawasan Wisata Liang Panning ini membulatkan tekad untuk mengabdi bagi masyarakat Cemara. Fokusnya lebih kepada pengembangan pariwisata di Kabupaten Maros, khususnya di wilayah Cenrana, Camba dan Mallawa.

Rudi mengatakan, Maros ini sudah dikenal dengan daerah pariwisata sehingga perlu dilakukan pengembangan di dalamnya untuk memikat turis, baik lokal maupun mancanegara.

“Maros ini sebenarnya sudah dikenal di dunia, di sinipun adalah jalur pariwisata. Ada banyak turis mancanegara yang berlalu lalang di Maros, namun sedikit yang singgah untuk berpariwisata di sini. Karena belum ada lokasi yang memadai yang memikat para wisatawan,” ujarnya.

Menurut Rudi, turis yang datang ke Indonesia itu punya jalur sendiri, dari Bali, kemudian ke Sulsel. Mereka ndak singgah di Makassar, mereka langsung ke Barru, Toraja, kemudian baliknya singgah di Danau Tempe di Kabupaten Wajo. Nah setelah itu lewat Bone, jalur Camba untuk kemudian kembali ke Bandara Sultan Hasanuddin,” paparnya.

Yang menjadi persoalan, bagi Rudi. Khususnya di wilayah Cemara (Cenrana, Camba, Mallawa) itu tidak ada kawasan wisata yang memadai untuk para turis singgah berwisata.

“Sekarang ini kita tidak melihat ada kawasan yang bisa disinggahi turis, nah konsern saya membangun Liang Panning Park sebagai langkah awal untuk memikat wisatawan. Ini butuh perhatian bersama, agar Cemara dapat diperkenalkan sebagai kawasan wisata yang menarik,” ungkapnya.

Kedepan, apabila kawasan wisata di Cemara itu terkenal dan sudah layak disinggahi oleh turis, kata Rudi, maka akan mempengaruhi pendapatan masyarakat setempat.

“Akan terjadi perputaran ekonomi di masyarakat Cemara apabila pariwisata meningkat. Dan itu hal yang sesungguhnya lebih riil untuk kita upayakan bersama,” jelasnya.

Namun, Rudi menambahkan, ini adalah kesadaran bersama. Semua itu tidak bisa diusahakan oleh satu pihak saja. Visi dirinya untuk mengembangkan kampung halaman, mengembangkan Cemara perlu dibantu oleh semua pihak yang ada di wilayah tersebut.

“Ini adalah ikhtiar kita bersama, inshaaAllah kita akan berjuang bersama demi meningkatkan taraf hidup masyarakat Cenrana, Camba, dan Mallawa. Ini memang berat pada mulanya, tapi saya yakin kalau kita bekerjasama dan saling membantu, maka semua bisa kita gapai perlahan.” terangnya.

Visi mengembangkan kampung halaman ini, bagi Rudi akan lebih cepat tercapai apabila dirinya menjadi keterwakilan masyarakat di jajaran Legislatif.

“Upaya kita ini akan lebih cepat kita capai, apabila ada perwakilan kita di DPRD Maros. Dan inshaaAllah, saya siap untuk mengusahakan itu. Melalui Partai Golkar, di Dapil IV, kita akan sama-sama berjuang demi kebaikan kampung kita kedepannya,” tutup Rudi. (*)

  • Bagikan