Dispora Makassar Gali Potensi Pemuda Lewat IPTEK Soft Skill 2023

  • Bagikan
Kepala Dispora Makassar Andi Patiware Beri Arahan Saat Membuka IPTEK SOFT SKILL, Selasa (5/9)

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar melalui Bidang Pemberdayaan Pemuda menggelar Pelatihan IPTEK SOFT SKILL 2023 yang dilaksanakan di Hotel Swiss Bell Losari Makassar, Selasa 5 September 2023.

Diketahui, IPTEK SOFT SKILL ini adalah kali kedua setelah sukses dilaksanakan tahun lalu. Hadir dalam membuka acara tersebut, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar Andi Patiware.

Kata dia, pengembangan IPTEK ini sangat penting untuk menggali potensi anak muda sehingga kedepan lebih mampu mendiri dan kreatif.

“Jadi kami mau pemuda kita ini mengembangkan dasar IPTEK dan kita gali lagi, supaya mereka bisa mempunyai bekal yang lebih, karena statusnya generasi penerus. Di mana, kami mau mereka mempunyai potensi lebih mandiri, kreatif kedepan,” ungkap Ware–sapaan akrabnya, Rabu (6/9).

Terpisah, Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Makassar Muhammad Dasysyara Dahyar menjelaskan, pelaksanaan tahun ini berbeda. Di mana, tahun ini Dispora Makassar bekerjasama dengan Binar Academi.

“Kerjasama dengan Binar Academi karena ini merupakan salah satu lembaga pelatihan IT terbaik yang ada di Indonesia, dimana foundernya salah satu yang mendirikan Gojek bersama Nadiem Makarim,” ungkap Muhammad Dasysyara Dahyar.

Pria yang sering disapa Dee itu menilai pelatihan ini sangat penting bagi pemuda terutama yang ada di Kota Makassar, dimana pemuda yang memiliki skill akan menjadi bekal bagi dirinya dan menjadi penunjang karirnya dimasa depan

“Dari hasil riset kita memang, bahwa skill yang dibutuhkan kedepan itu adalah skill digital, yang mana Makassar boleh dibilang masih sangat jarang, jadi kita coba bahwa ini adalah salah satu profesi yang menjanjikan masa depan dan menjadi kebutuhan pemuda untuk menunjang karir dimasa akan datang,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dee menegaskan pelatihan IPTEK merupakan amanat dari salah satu tujuan Sustainable Development Goals (SDGs), dimana akan menjadi bekal bagi pemuda sekarang guna mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 mendatang.

“Pelatihan Teknologi & Informasi untuk pemuda ini juga merupakan amanat salah satu tujuan Sustainable Development Goals (SDGs), yang kita sadari bahwa kebutuhan akan talenta-talenta digital sangat dibutuhkan sekarang ini terlebih di masa yg akan datang dalam upaya mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045,” tuturnya.

Senada dengan itu Goverment Relation Manajer Binar Academi Tigo berharap dengan adanya kolaborasi ini menjadikan pemuda Makassar melek akan teknologi.

Tigo menilai Sumber Daya Manusia adalah bagian dari fasiliator untuk menuju pengembangan industri 4.0 dan teknologi digital.

“Dengan kolaborasi dengan Binar Academi dengan Dispora Makassar, harapan kami agar pemuda khususnya di Makassar bisa melek akan teknologi dan juga akan digital,” tuturnya

“Teknologi kedepan akan sangat beririsan dengan sumber daya manusia, makaknya kita menginginkan bahwa sdm salah satu fasiliator dalam pengembangan industri 4.0 kedepannya beserta teknologi digital,” tambahnya

Diketahui, Iptek Soft Skill digelar Selama tiga hari danada tiga tema yang berbeda yakni produk manajemen, User Interface dan User Experience (UIUE) dan data sains. (*)

  • Bagikan