Uji Rangka, PT SJAM Bagi Rahasia Yamaha Anti Korosi Penyebab Keropos

  • Bagikan
Uji Rangka Motor Yamaha

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Dealer resmi Yamaha area Sulawesi, PT Suracojaya Abadi Motor (SJAM) melakukan uji rangka di hadapan jurnalis Kota Makassar, di Suraco Building, Jumat (8/9).

Uji rangka ini dimaksudkan untuk edukasi kepada masyarakat terkait kualitas produk Yamaha yang telah dipasarkan secara global tidak hanya di Indonesia.

Area Service Development, Ahsan Lutfi dalam laporannya menjelaskan, produk Yamaha pada dasarnya memiliki tiga jenis rangka yakni Della box, under bone dan diamond.

“Pada produk Yamaha ada 3 frame yang di aplikasikan yakni Della box yang bisa dilihat pada produk Vixion R15, MT15, dan XSR156. Rangka under bone digunakan pada all produk Yamaha matic dan diamond digunakan pada produk Yamaha R25 dan MT 25,” jelas Lutfi.

Khusus produk matic Yamaha yang menggunakan rangka under bone, Lutfi mengungkapkan pihaknya telah melakukan pengujian menyeluruh dan tentunya menggunakan bahan rangka yang berkualitas.

“Untuk rangka under bone, kami menggunakan bahan pipa tubular atau baja karbon dengan ketebalan 2,3 mm. Meski tebal, bahan ini tetap ringan. Selain bahan rangka yang berkualitas, Yamaha juga menggunakan cat yang telah teruji dan di rendam menggunakan air garam 240 jam,” jelasnya.

Yang terpenting menurutnya adalah lubang drainase pada rangka motor Yamaha. Sebab menurut Lutfi, rangka keropos umumnya disebabkan korosi atau karat yang terjadi pada rangka.

“Ini yang menjadi alasan Yamaha masih menggunakan pipa tubular sebagai rangka sebab karakteristik cuaca di Indonesia tropis menyebabkan hujan dan panas menjadi tantangan kendaraan. Dengan pipa tubular ini maka korosi bisa diminimalisir, apalagi dilakukan pengecatan. Yang juga terpenting adalah rangka Yamaha memiliki lubang drainase, sebab air mejadi salah satu penyebab keropos,” tukasnya.

Dengan kualitas serta desain rangka, maka yamaha memberi garansi ketahanan rangka hingga 5 tahun. (Hikmah/B)

  • Bagikan