Ketua TP PKK Parepare Hadiri Haul 1 Tahun Meninggalnya AG HM Iskadar Ali

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Ketua Tim Penggerak PKK Kota, Erna Rasyid Taufan, hadir langsung dan memberikan testimoni sambutan pada pelaksanaan Haul 1 Tahun Meninggalnya AG. HM. Iskandar Ali, pendiri Yayasan Nahdatul Qurra’a Wat Tadrib yang bergerak dalam bidang pembinaan Hafidz Al-Qur’an, yang digelar di Masjid Al-Irsyad Ujung Baru, Kecamatan Soreang Kota Parepare, Sabtu 9 September 2023.

Hadir dalam acara tersebut, Asisten I Sekretariat Daerah Kota Parepare, Kepala Kementerian Agama Kota Parepare, Ketua NU Kota Parepare, Kepala Dinas Perpustakaan, serta sejumlah kerabat dan keluarga serta santri Yayasan Nahdatul Qurra’a Wat Tadrib Kota Parepare.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan, mengatakan, peran sosok Almarhum Gurutta KH Muhammad Iskandar Ali, menitipkan pesan yang besar bagaimana kita tetap menjaga dan memajukan agama di Kota Parepare, dan bahkan beliau selama ini telah menitipkan agar bagaimana bumikan Al-Qur’an di Kota Parepare ini.

“Satu tahun beliau berpulang ini telah membawa bekal yang sungguh besar bagi kita di Kota Parepare ini, bahkan beliau dalam menghadap Sang Pencipta sendiri beliau dalam kondisi yang bersih, semoga dengan amalan yang beliau tinggalkan kepada kami ini bisa dijaga dan dikembangkan lebih baik lagi,”katanya.

Ketua DPD II Partai Golkar Kota Parepare ini, mengaku, jika selama ini juga ada kenangan besar antara dirinya dengan Anre Gurutta di Kota Parepare, dan tidak sedikit hasil-hasil diskusi kita dalam memajukan keagamaan kuta terapkan dan bagaimana juga beliau telah memberikan masukan dan junjungan sehingga apa yang dikerjakan selain memberikan dampak baik juga bermanfaat bagi masyarakat Kota Parepare.

“Mengahdirkan pendidiakn bukan sesuatu yang mudah, apalagi mempertahankan Sekolah Tahfiz yang telah beliau rawat bina dan bangun selama ini, semiga kita sama-sama membina dan membangun Sekolah tersebut sehingga menjadi amal jariah bagi dirinya,”pungkas dia.

Diakhir sambutannya Erna Rasyid Taufan, berharap apa yang telah dilakukan ini bernilai Ibadah di sisinya, sehingga bisa menjadi Motivasi bagi kita semua, dan kehadiran saya disini karena kecintaan kepada Gurutta dan daya tarik sendiri dalam hal Al-Qur’an.

Ketua NU Kota Parepare KH. Hannani, yang juga Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Parepare, mengungkapkan, selama ini beliau Gurutta KH Muhammad Iskandar Ali, telah banyak membangun lembaga Pendidikan di seluruh Indonesia, meskipun saya selama ini tidak terlalu intens dalam berinteraksi tapi setiap pertemuan kami, selalu memberikan gambaran dan dampak kemajuan Keagamaan dan Al-Qur’an, baik di Kota Parepare maupun secara umum.

“Selama ini memang saya tidak intens berinteraksi kepada beliau, tapi setiap momen ini beliau selalu ada nasehat dan berbagi cerita kepada kami,”paparnya.

Hannani, menjelaskan, kalau cerita beliau waktu di Kalimantan beliau telah hadirkan sebanyak 5 Lembaga Pendidikan, dan bahkan di Kota Parepare juga ada beberapa sarana Pendidikan yang beliau telah bangun, dan terkahir yang beliau bangun dan tinggalkan untuk kita semua yakni Sekolah Tahfiz Yayasan Nahdatul Qurra’a Wat Tadrib.

“Apa yang beliau tinggalkan untuk kami ini sesuatu yang tak ternilai harganya, inilah sebaik-baik warisan yang beliau titipkan kepada kami semua, semoga kedepan Seluruh lembaga pendidikan yang beliau gagas bisa menjadi amal jariah bagi beliau,”ungkapnya.

Kepala Kementrian Agama Kota Parepare, Fitriadi, mengungkapkan selama ini kinerja Pemerintah Kota Parepare dan juga Ketua TP PKK Kota Parepare dalam membangun pendidikan keagamaan dan mendukung kegiatan keagamaan tidak diragukan lagi, bahkan selama ini beliau telah banyak memberikan bantuan dalam hal mendukung kemajuan Keagamaan.

“Alhamdulillah selama ini komitmen Pemerintah untuk memberikan dukungan kemajuan Pendidikan Keagamaan sangat terasa sekali, bahkan tidak sedikit bantuan-bantuan itu diwujudkan demi memberikan perhatian secara khusus kepada Lembaga Pendidikan, termasuk Lembaga Pendidikan Tahfiz yang didirikan Anre Gurutta KH Iskandar Amin, itu tidak sedikit dorongan dan juga support dari Pemerintah Kota Parepare,”urai dia.

Fitriadi, juga menjelaskan, kalau selain kepedulian Pemerintah Kota Parepare, kepedulian Ketua TP PKK dalam hal ini Erna Rasyid Taufan, dalam mendukung setiap kegiatan keagamaan sangat terasa sekali, terbukti pada pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an tingkat Nasional dimana ada beberapa santri dari Parepare menjadi Perwakilan Sulsel tingkat Nasional tersebut.

“Pada saat itu beliau hadir dan memberikan support serta dukungan yang sangat luar biasa kepada, kami sehingga para peserta kita juga semangat selama pelaksanaan, ini sebuah Contoh yang baik menuju Peradaban Pendidikan keagamaan yang jauh lebih baik lagi, semoga menjadi motivasi bagi kita semua untuk berbenah berbuat dalam bingkai keagamaan, demi kemajuan pendidikan keagamaan bagi anak-anak kita,”tandasnya.
(***)

  • Bagikan