Ayo Lengkapi Imunisasi Anak Kita di Usia Sekolah Dasar

  • Bagikan


PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Mendengar kata Imunisasi yang terlintas dibenak kita, adalah imunisasi pada saat anak kita masih balita. Perlu orang tua ketahui bahwa imunisasi harus kembali dilakukan ketika ia memasuki usia sekolah, termasuk sekolah dasar (SD).

Saat ini Pemerintah Kota Parepare, melalui Puskesmas sedang menjalankan bulan imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang telah dimulai sejak bulan agustus sampai bulan desember untuk memastikan semua anak sekolah dasar di Kota Parepare mendapatkan imunisasi. Seperti yang dilaksanakan pada hari senin yang lalu di SD Negeri 3 Kota Parepare.

Penanggungjawab Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Parepare, Kasman Makkasau, menyampaikan, kenapa anak usia sekolah perlu imunisasi? Itu karena penting diberikan kepada anak pada dasarnya untuk memberikan kekebalan terhadap suatu penyakit tertentu.

“Jadi pada dasarnya imuniasi adalah kegiatan pencegahan agar anak-anak kita terhindar dari penyakit infeksi dan bisa meringangkan gejalanya jika terinfeksi tidak sampai bersifat fatal yang dapat berujung kematian,” jelasnya.

Walaupun pada saat balita, anak-anak kita telah mendapatkan imunisasi lengkap, lanjut Kasman, namun seiring bertambah usia sistem kekebalan tubuh anak juga semakin berkembang dan hal ini tidak menutup kemungkinan mereka untuk terserang berbagai penyakit infeksi.

“Oleh karena itu, setelah melakukan imunisasi dasar pada usia bayi dan balita, anak juga harus mendapatkan imunisasi lanjutan ketika memasuki usia sekolah,” terangnya.

Tujuan pemberian imunisasi untuk anak usia sekolah dasar, tambah Kasman, guna mempertahankan kekebalan tubuh serta memperpanjang masa perlindungan pada anak yang sudah mendapatkan imunisasi dasar.

“Ini terutama perlindungan terhadap penyakit difteri, tetanus, campak, dan rubella. Apalagi, penyakit-penyakit tersebut tidak hanya dapat dialami oleh bayi dan balita, tetapi juga pada anak usia sekolah dasar,” ujarnya.

Imunisasi tambahnya lagi, juga dapat melindungi perkembangan otak anak, sehingga bisa berdampak positif pada fungsi kognitifnya. “Ingat anak yang cerdas hanya ada pada anak-anak kita yang sehat,” ungkapnya

Di Kota Parepare, terjadwal imunisasi lanjutan untuk anak usia SD berdasarkan Permenkes RI No. 12 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Imunisasi.


Menurut Pengelola imunisasi Dinkes Kota Parepare Selvi, jenis Imunisasi anak usia sekolah yang dicanangkan di Indonesia ini adalah diphtheria tetanus (DT), campak, dan tetanus diphteria (Td).

Berikut adalah jadwal imunisasi anak usia sekolah dasar yang telah diatur oleh Kementerian Kesehatan.
• Anak kelas 1 SD: diberikan imunisasi campak dan imunisasi DT
• Kelas 2 SD: diberikan imunisasi Td pada bulan November.
• Kelas 5 SD: diberikan imunisasi Td dan khusus

Wanita akan mendapatkan imunisasi HPV sebagai upaya pemerintah untuk mempercepat penurunan angka kesakitan dan kematian akibat kanker serviks, serta menjaga masa depan anak-anak perempuan Indonesia agar selalu sehat, terhindar dari kanker sevix

“Ayo jangan ragu lengkapi imunisasi lanjutan anak-anak kita untuk masa depannya yang lebih baik,” ajak Selvi

(***)

  • Bagikan