Hadir di Bukalapak, YEC Jadi Lembaga Pelatihan Prakerja Paling Diminati Warga Sulsel

  • Bagikan
YEC Jadi Lembaga Pelatihan Prakerja Paling Diminati Warga Sulsel

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pengguna jasa platform Bukalapak untuk pelatihan prakerja terus mengalami peningkatan. Khususnya di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Selama tahun 2023, jumlah alumni prakerja mencapai 8100 orang di Sulsel. Sebanyak 208 orang diantaranya ada di Makassar.

Head of Mitra Financial Services Bukalapak, Nungky Aprilia mengatakan saat ini Bukalapak terus mengalami peningkatan dan menjadi platform pilihan bagi siapa saja yang mengikuti pelatihan prakerja.

“Saat ini buka lapak telah membawahi 90 lembaga pelatihan, 40 lebih di antaranya lembaga yang aktif,” ucap Nungky dalam sesi Media Gathering di Cafe Numerica (26/9).

Salah satu lembaga pelatihan yang banyak diminati di Bukalapak adalah PT Yureka Edukasi Cipta atau yang lebih dikenal dengan yec.co.id.

Menurut Nungky, kerja sama Bukalapak dengan YEC sebagai upaya memperluas kesempatan bagi masyarakat Indonesia mengasah kapabilitas mereka untuk menekuni berbagai bidang karir dan usaha.

“Sebagai perusahaan teknologi yang mengusung misi menciptakan kesempatan yang sama bagi semua, kami ingin terus meningkatkan peran kami dalam memfasilitasi peningkatan kompetensi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk yang berada di kota-kota luar. Upaya ini tentunya didukung oleh berbagai lembaga pelatihan termasuk yec.co.id yang bisa terus membuka jalan dan akses pembelajaran bagi para peserta Prakerja,” ungkapnya.

Manajer Penjualan Retail yec.co.id, Eurika Tarau, mengungkapkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan (BPS Sulsel), pada bulan Februari 2022, penduduk di Sulawesi Selatan yang tercatat bekerja sebanyak 4.328.117 orang atau mengalami kenaikan sebanyak 151.317 orang dari tahun sebelumnya.

“Kenaikan ini tentunya perlu diiringi dengan peningkatan kompetensi para angkatan kerja ini,” ucapnya.

Melalui kelas-kelas yang disediakan oleh yec.co.id di platform Bukalapak, kedua belah pihak memfasilitasi para peserta Prakerja untuk mempelajari ilmu yang dibutuhkan untuk meningkatkan skill, baik sebagai profesional maupun wirausahawan.

“Kami memiliki slogan preparing for better you di mana kami ingin secara konsisten membantu masyarakat Indonesia menjadi versi yang lebih baik dari diri mereka sebelumnya. Kami percaya setiap orang berhak memiliki kesempatan untuk terus berkembang tanpa mengenal batas,” jelasnya.

“Lewat pemberdayaan teknologi, kami juga menghadirkan akses pendidikan yang praktis, lengkap, dan menggunakan metode belajar yang berfokus pada interaksi untuk memaksimalkan proses pembelajaran. Karena itu, kemitraan kami dengan Bukalapak sebagai mitra digital platform Prakerja memiliki peran penting karena kami bisa menjangkau lebih banyak masyarakat yang ingin meningkatkan kemampuannya,” tambahnya.

Terpisah, Alumni Prakerja, Andi Dian Ramadani mengatakan dirinya mendapatkan manfaat dari pelatihan di yec.co.id. dengan kemauan untuk terus belajar dan mengasah keahlian untuk mendapat pekerjaan. Ia memutuskan untuk mengikuti Kelas Bahasa Inggris untuk Karyawan.

“Saya mengikuti kelas ini karena saya tertarik berkarir di area pelayanan publik yang membutuhkan keterampilan berbahasa Inggris. Setelah mengikuti pelatihan di yec.co.id, saya bisa meningkatkan kepercayaan diri saya dalam berbahasa Inggris karena kelas yang interaktif dan pengajar berkualitas yang membuat saya berani menyampaikan pendapat saya dalam bahasa Inggris,” ujar Dian.

Dengan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris ini, Dian juga berhasil memperbesar kesempatan untuk membangun karir barunya.

“Mengikuti kelas dan mendapatkan sertifikat dari Prakerja memberikan nilai plus pada saya ketika interview di salah satu BUMN. Saya bisa lebih lancar menjelaskan berbagai hal dalam bahasa Inggris hingga saya bisa lolos tahap interview dan saat ini sedang menunggu penempatan,” tutupnya. (*)

  • Bagikan