Siswa SMPN 4 Sungguminasa Gowa Sulap Sampah Dauh Ulang Jadi Baju Bodo Kekinian

  • Bagikan
Daur Ulang Sampah Jadi Baju Bodo

GOWA, BACAPESAN.COM – Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa, memanfaatkan limbah sampah menjadi baju khas Bugis Makassar. Baju Bodo.

Berbagai model baju bodo dari bahan dasar sampah plastik mampu dihadirkan berkat tangan kreatif para siswa SMPN 4 Sungguminasa, Kabupaten Gowa.

Siswa SMPN 4 Sungguminasa Muh Tehzar mengatakan, idenya muncul saat melihat sampah yang bertumpuk di lingkungan sekolah. Ia kemudian mengajak temannya untuk mendaur ulang sampah menjadi baju bodo.

“Keseluruhan bahan untuk membuat baju khas bugis-Makassar itu terbuat dari sampah yang kami daur ulang,” ujar Muh Tehzar, Selasa (3/10).

Sementara, Kepala SMPN 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa Zainal mengatakan kreativitas para siswa tersebut sesuai dengan program P5 yang digaungkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

“Kami sangat mendukung dan mengsuport kreativitas para siswa yang sejak dini telah memiliki jiwa kewirausahaan dengan mengdaur ulang sampah. Itu semua memang telah sesuai dengan program P5 yang digaungkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,” ujarnya.

Selain baju khas Bugis-Makassar, para siswa-siswi juga membuat berbagai macam kerajinan yang keselurahannya terbuat dari sampah. (Hikmah/B)

  • Bagikan