Karina Jadikan Program JKN Pegangan untuk Jaminan Kesehatan yang Mudah, Cepat dan Setara

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan program unggulan pemerintah yang bertujuan untuk memberikan kepastian jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi seluruh rakyat Indonesia.

Keberadaan Program JKN sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, terbukti program ini telah menjadi pegangan sebagai bentuk antisipasi menghadapi kesulitan pembiayaan saat sedang sakit dan harus mengakses pelayanan kesehatan.

Memasuki satu dekade penyelenggaran Program JKN, telah banyak respon positif yang diberikan oleh masyarakat mengenai Program JKN, antara lain pengalaman mereka dalam mendapatkan layanan kesehatan yang lebih mudah, cepat dan setara.

Salah satunya Karina (36), yang telah merasakan banyak manfaat dengan adanya Program JKN, ia dan keluarganya terdaftar sebagai peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) sejak tahun 2014 silam dan menjadi tanggungan pemerintah.

Ditemui Tim Jamkesnews, Karina saat itu sedang mengunjungi layanan BPJS Keliling di Kelurahan Lumpue, Kota Parepare untuk melakukan perubahan fasilitas kesehatan serta mengecek keaktifan kartu JKN milik anaknya. Ia mengaku jika menjadi peserta JKN sangat penting sebagai pegangan untuk jaminan kesehatan keluarganya.

Ia menceritakan pengalamannya dalam mengakses layanan kesehatan sebagai peserta JKN, mulai dari hamil hingga melahirkan kedua anaknya bahkan untuk pemeriksaan jika ia mengalami keluhan kesehatan seperti sakit gigi dan anaknya demam.

“Program JKN ini benar-benar melindungi saya dan keluarga, tidak hanya dari segi kesehatan tapi juga dari segi finansial. Sakit sedikit pun saya langsung ke fasilitas kesehatan untuk berobat, tidak perlu lagi memikirkan biaya kesehatan yang besar, karena semuanya sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan,” tutur Karina.

Ibu tiga anak ini, sangat antusias berbagi pengalaman kepada Tim Jamkesnews yang ditemuinya, mulai pemeriksaan kehamilan hingga sampai pada proses melahirkan ketiga anaknya.

“Semenjak menjadi Peserta JKN, kami tidak perlu lagi mengkhawatiran biaya pemeriksaan kehamilan hingga biaya melahirkan. Mulai dari pemeriksaan kehamilan di puskesmas, kemudian pemeriksaan lanjutan di rumah sakit hingga biaya perawatan paska persalinan yang mengharuskan saya dirawat inap selama tiga hari,” tambahnya.

Karlina menuturkan jika pelayanan yang ia dapatkan di fasilitas kesehatan sangat memuaskan, mulai dari pendaftaran, pemeriksaan dokter hingga obat-obat yang diberikan. Ia bisa berobat dengan tenang tanpa harus khawatir dengan biaya yang akan dikeluarkan.

Di tengah wawancara, Karina mengapresiasi kegiatan BPJS Keliling yang sangat memudahkan peserta yang berada jauh dari kantor BPJS Kesehatan. Menurutnya, layanan yang digaungkan BPJS Kesehatan ini benar-benar membantu dalam pengurusan administrasi kepesertaan JKN.

“Kegiatan BPJS Keliling ini sangat memudahkan masyarakat, apa lagi untuk ibu rumah tangga seperti saya. Tidak perlu jauh-jauh ke kantor, jadi bisa menghemat biaya dan waktu. Kami bisa melakukan perubahan data sambil mengasuh anak karena mobil BPJS Keliling ini yang langsung mengunjungi kantor kelurahan tempat tinggal kami,” puji Karina.

Dalam kunjungannya, Karina juga diberikan edukasi terkait penggunaan Aplikasi Mobile JKN yang saat ini gencar dipromosikan oleh BPJS Kesehatan. Ia diperlihatkan berbagai fitur yang dapat memberikan kemudahan layanan seperti perubahan data peserta hingga penggunaan antrean online saat ingin berobat ke fasilitas kesehatan.

“Penjelasan dari pegawai BPJS Kesehatan yang tadi bertugas sangat jelas, sayang sekali gawai saya belum mendukung untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN, tapi nanti akan saya coba karena fitur-fitur di dalamnya sangat menarik dan memberi kami kemudahan kepada peserta JKN,” puji Karina.

Di akhir perbincangan Karina menyampaikan harapannya kedepan tentang Program JKN. Ia berharap, Program JKN dapat terus berlanjut dalam memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

“Semoga Program JKN dapat terus berlanjut, memberikan pelayanan terbaiknya sehingga seluruh lapisan masyarakat mendapatkan jaminan kesehatan yang sama,” tutupnya. (***)

  • Bagikan