Kuatkan Mitigasi Bencana Warga, Balitbangda Lakukan Kajian Kondisi Iklim

  • Bagikan
Kepala Balitbangda Makassar Andi Bukti Djufrie Beri Sambutan Penelitian dan Pengembangan Partisipasi Masyarakat, Rabu (11/10).

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Fenomena El Nino sangat memberi pengaruh di Kota Makassar saat ini. Untuk itu, Balitbangda Kota Makassar mendorong penguatan mitigasi bencana lewat peran msyarakat.

Hal itu ditunjukan lewat Seminar Hasil Penelitian dan Pengembangan Partisipasi Masyarakat, di Hotel Novotel, Rabu (11/10).

Seminar tersebut mengangkat judul “Kajian Model Partisipasi Warga Kota Makassar pada Mitigasi Bencana”.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie mengatakan penelitian ini merupakan penelitian ketujuh di Balitbangda.

“Penelitian ini menyangkut mitigasi bencana, dimana penelitian tersebut erat kaitannya dengan kondisi iklim saat ini,” ujarnya disela-sela kegiatan tersebut.

Terlebih kata pria yang akrab disapa Bang Yos itu, sesuai prakiraan BMKG iklim atau dampak Elnino ini berjalan hingga November. Sehingga, lahirnya rekomendasi bisa menjadi acuan masyarakat dan pemerintah menghadapi bencana.

“Untuk itu, harapan kita penelitian bisa segera rampung,” ucapnya.

Maka dari itu, dalam seminar ini ada masukan dari masyarakat umum serta OPD terkait.

“Muda-mudahan dalam waktu dekat, penelitian bisa diselesaikan. Sehingga bisa disampaikan ke OPD terkait. Seluruh OPD terkait dan masyarakat yang hadir dalam seminar ini bisa memberi masukan,” katanya.

Sehingga, kata mantan Kepala Dinas PTSP hasilnya bisa disampaikan ke Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. Sebagai upaya memberi solusi untuk kondisi ini bisa segera direalisasikan ke masyarakat. (*)

  • Bagikan