Buka Seminar Hasil Pekerjaan Umum, Kepala Balitbangda Makassar Tekankan Efektivitas Produk Penelitian

  • Bagikan
Suasana Seminar Hasil Penelitian dan Pengembangan Pekerjaan Umum Balitbangda Kota Makassar, Jumat (13/10)

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar kembali melaksanakan Seminar Hasil Penelitian di Hotel Novotel, Jalan Chairil Anwar, Jumat (13/10).

Kali ini, materi pada Pekerjaan Umum dengan judul “Desain Unit Pengukur Level Kedalaman Banjir Berbasis Website Hosting (Solusi Pengukuran Kedalaman Banjir di Kecamatan Manggala). Adapun pembanding yakni Mukhsan Putra Hatta dan Ihsan.

Sementara, tim peneliti yang diketuai Nasruddin Aziz. Hadir Pejabat Struktural Balitbangda Makassar dan para undangan dari OPD terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar.

Kepala Balitbangda Makassar Andi Bukti Djufrie, menjelaskan penelitian ini sebagai bagian dari upaya mendukung pelaksanaan program prioritas Walikota dan Wakil Walikota Makassar Danny-Fatma. Khususnya dari sisi riset dan kajian agar program berjalan terarah dan tepat sasaran.

Penelitian adalah, sambung dia, fondasi utama dari perkembangan dan kemajuan suatu daerah. Sehingga, lewat penelitian yang berkualitas, pemerintah dapat mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat, mencari solusi yang inovatif, dan merencanakan langkah-langkah untuk memajukan kualitas hidup warga kota Makassar.

“Tema kita kali ini, yaitu Desain Unit Pengukur Level Kedalaman Banjir Berbasis Website Hosting (Solusi Pengukuran Kedalaman Banjir di Kecamatan Manggala). Itu, sangat relevan dan mendesak sehingga diharapkan menjadi solusi yang efektif dalam mengukur kedalaman banjir di wilayah Kecamatan Manggala,” ungkap Andi Bukti Djufrie.

“Ini akan membantu dalam pemantauan dan pengelolaan banjir, serta memitigasi dampaknya terhadap lingkungan dan masyarakat,” tambahnya.

Olehnya itu, kata Mantan Kadis PMPTSP Kota Makassar itu, dengan memiliki data dan sistem yang tepat, pemerintah dan tim penanggulangan bencana dapat merespons lebih cepat dan lebih efektif terhadap banjir. Makanya, hal paling ditekankan dalam penelitian ini soal efektivitasnya demi warga.

“Ini termasuk pengaturan evakuasi, peringatan dini, dan koordinasi bantuan dalam situasi darurat,” jelasnya.

Selaku Kepala Balitbangda Kota Makassar, kata dia, pihaknya mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh seluruh panitia Balitbangda Kota Makassar dengan melakukan tahapan sebagai sebuah proses ilmiah yang menjadi ciri khas sebuah penelitian.

“Seminar seperti ini adalah tempat yang ideal untuk berbagi ide, pengalaman, dan best practice. Saya berharap bahwa hasil diskusi hari ini akan menghasilkan gagasan dan rekomendasi yang konstruktif untuk kemajuan Kota Makassar,” tukasnya.

“Saya juga ingin mengingatkan kita semua akan pentingnya kerja sama antara pemerintah, sektor swasta, akademisi, dan masyarakat umum dalam memajukan Kota Makassar. Kami berharap acara ini akan memberikan wawasan yang berharga, memotivasi tindakan lanjutan, dan membangun jaringan kolaborasi yang kuat di antara kita semua,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan