Finalisasi Penelitian Soal IPTEK, Kepala Balitbangda Makassar Sebut Komitmen Pemkot Dorong Inovasi

  • Bagikan
Kepala Balitbangda Makassar Andi Bukti Djufrie Berikan Sambutan Acara Forum Diskusi Finalisasi Laporan Akhir Sub Kegiatan Fasilitasi, Pelaksanaan, dan Evaluasi Penelitian dan Pengembangan Bidang Penyelenggaraan Otonomi Daerah di Hotel Grand Maleo, Kamis (19/10).

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Makassar menggelar Forum Diskusi Finalisasi Laporan Akhir Sub Kegiatan Fasilitasi, Pelaksanaan, dan Evaluasi Penelitian dan Pengembangan Bidang Penyelenggaraan Otonomi Daerah di Hotel Grand Maleo, Kamis (19/10).

Penelitian ini soal Penyusunan Rencana Induk dan Peta Pemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) Cluster Sosial Pemerintahan di Kota Makassar Tahun 2024-2026.

Kepala Balitbangda Makassar, Andi Bukti Djufrie mewakili Walikota Makassar mengatakan, acara ini adalah bukti nyata dari komitmen kita untuk mendorong inovasi dan pemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai salah satu fondasi utama pembangunan Kota Makassar.

“Hari ini, kita berkumpul untuk berbagi pandangan, pemikiran, dan hasil penelitian yang telah kami lakukan dalam upaya menyusun Rencana Induk dan Peta Pemajuan IPTEK di sektor sosial,” jelas Andi Bukti Djufrie, Kamis (19/10).

“Tantangan yang kita hadapi dalam era modern ini semakin kompleks, dan oleh karena itu, peran ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi semakin penting dalam menjawab berbagai permasalahan dan memajukan pemerintahan kita,” tambahnya.

Dalam forum ini, kata Andi Bukti–sapaan akrabnya, dirinya mengajak peserta mengeksplorasi pendekatan dan strategi untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, menggerakkan perekonomian, dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Tema penyusunan rencana pemajuan IPTEK dalam sektor sosial menjadi landasan bagi kemajuan Kota Makassar dalam dua tahun mendatang.
Balitbangda Kota Makassar,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, mantan Kadis PM-PTSP Kota Makassar menyampaikan mengucapkan terima kasih kepada semua tim riset yang telah bekerja keras, Majelis Pengendali Mutu yang telah mengawasi kualitas penelitian ini.

Kemudian, perangkat daerah yang selalu mendukung dan melaksanakan kebijakan, Ketua LPM yang merupakan ujung tombak partisipasi masyarakat, dan rekan-rekan media yang telah berperan sebagai penyalur informasi yang andal.

“Forum diskusi ini adalah langkah awal yang penting dalam merumuskan arah kebijakan pembangunan di Kota Makassar. Dari hasil-hasil yang dihasilkan, kita akan bersama-sama merumuskan langkah-langkah selanjutnya untuk mengimplementasikan Rencana Induk dan Peta Pemajuan IPTEK di sektor sosial. Keberhasilan rencana ini akan bergantung pada kolaborasi kita semua,” paparnya.

“Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan dedikasi Anda dalam acara ini. Mari kita lanjutkan diskusi dengan semangat dan semakin eratkan kerjasama kita dalam upaya menjadikan Kota Makassar sebagai epicentrum inovasi dan pemajuan IPTEK yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat,” jelasnya. (*)

  • Bagikan