Prabowo Pilih Gibran, Pendukung Beralih ke Pasangan AMIN

  • Bagikan
Prabowo dan Gibran Didorong Jadi Paket Maju Pilpres 2024

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Direktur Eksekutif Indopol Survey Ratno Sulistiyanto menuturkan penunjukan Gibran sebagai bacawapres pendamping Prabowo Subianto bakal mengubah konstelasi politik di Tanah Air.

Sebab, Gibran dan Jokowi merupakan kader PDI Perjuangan yang sebelumnya telah menetapkan Ganjar Pranowo sebagai bacapres bergandengan dengan Mahfud MD.

Menurut Ratno, pemilih Jokowi pada Pilpres 2019 lalu yang sebelumnya berpotensi memilih Ganjar Pranowo, kini kemungkinan besar akan bergeser mendukung pasangan Prabowo-Gibran sehingga akan menggerus pemilih Ganjar-Mahfud MD.

Pada poros lainnya, pemilih Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 lalu yang tidak puas dengan kinerja atau kepemimpinan Jokowi berpotensi besar bermigrasi memilih pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

”Kalau cerdas mengelola konstelasi politik ini, pasangan AMIN akan mendapatkan insentif elektoral dari majunya Gibran sebagai pasangan Prabowo,” tutur Ratno, Senin (23/10).

Tidak hanya itu, sekitar 30% pemilih swing voter yang sebelumnya berpotensi memilih Prabowo, juga bisa diambil pasangan AMIN. Begitu pula, ada 40% swing voter Ganjar Pranowo yang juga bisa diambil AMIN.

”Sebanyak 8% calon pemilih yang belum menentukan pilihan atau undecided voter juga bisa diambil AMIN kalau pandai mengolah peluang ini,” katanya.

  • Bagikan