Wali Kota Parepare Apresiasi Hadirnya Klinik Pratama di Kantor Lapas Kelas IIA Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Parepare melaksanakan program Selasa Sehat yang dirangkaikan dengan penyerahan izin operasional klinik pratama.

Izin operasional klinik pratama di Lapas tersebut diserahkan langsung oleh Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, kepada Kepala Lapas Totok Budiyanto, disaksikan Ketua TP PKK, Pj Sekda, Kepala SKPD, dan jajaran Lapas, Selasa (24/10/2023).

Kesempatan itu, Totok Budiyanto menyampaikan apresiasinya atas kesediaan Walikota (Taufan Pawe) yang berkenan menyerahkan langsung izin operasional klinik pratama di Lapas Parepare.

“Izin operasional klinik ini butuh perjuangan panjang untuk didapatkan, dan Alhamdulillah terbit kemarin (23 Oktober 2023). Itu tidak lepas dari kepedulian pemerintah terhadap kesehatan warga binaan,” katanya.

Dengan terbitnya izin operasional klinik pratama pengayoman lapare, lanjut dia, kini telah memiliki dasar legalitas untuk menyediakan pelayanan kesehatan yang memadai bagi warga binaan.

“Langkah ini diambil dalam upaya meningkatkan standar perawatan dan pemeliharaan kesehatan di dalam lembaga pemasyarakatan,” ungkapnya.

Selain penyerahan izin operasional klinik, program selasa sehat dari Lapas Parepare juga dilakukan olahraga bersama, pemeriksaan kesehatan gratis, dan budaya gemar membaca.

Sementara Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan, klinik ini diresmikan tidak terlepas dari kewajiban negara bagaimana memperhatikan kesehatan rakyatnya, termasuk para warga binaan yang ada di lapas.

“Kehadiran klinik ini merupakan wujud inovasi kalapas yang patut diapresiasi, saya minta rumah sakit dan dinas kesehatan untuk bersinergi. Kesehatan adalah hak dasar, jadi saya tidak ingin klinik yang ada di lapas tidak didukung dan dioptimalkan,” ungkapnya.

Wali Kota Parepare dua periode ini juga menyampaikan jika para warga binaan punya hak sama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis.
(***)

  • Bagikan