Peta Kekuatan PDIP di Sulsel II

  • Bagikan
Para Bacaleg PDIP Sulsel II

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kans Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Sulawesi Selatan untuk kembali meraih kursi di daerah pemilihan (dapil) Sulsel II pada Pemilu 2024 mendatang disebut sangat besar.

Manager Strategi dan Operasional Jaringan Suara Indonesia (JSI), Nursandy Syam mengungkapkan, dengan melihat komposisi bakal calon legislatif (bacaleg) yang dimiliki PDI Perjuangan di dapil Sulsel II tersebut, partai politik besutan Megawati ini sangat berpotensi kembali mengamankan satu kursi.

Alasanya, kata dia, hadirnya figur baru yang akan ikut bersaing pada pesta demokrasi 2024 mendatang, seperti Gunawan Pakki, Syamsu Alam, Ambo Enre akan menjadi pesaing utama sang petahana Syamsu Niang.

“Kalau saya lihat komposisi bacalegnya, PDI Perjuangan masih berpotensi amankan satu kursi di DPR RI. Itu diukur dari adanya beberapa figur baru yang cukup masif melakukan pergerakan politik hingga ke akar rumput,” ungkap Nursandy kepada Harian Rakyat Sulsel, Rabu (1/11/2023).

Nursandy menambahkan, figur-figur baru ini cukup mengganggu basis-basis Syamsu Niang yang berada di Kabupaten Bone, Soppeng, Wajo, dan Sinjai (Bosowasi).

Sehingga, sebagai petahana, Syamsu Niang wajib mewaspadai rivalitas internal kader PDI Perjuangan khususnya di Dapil II ini, seperti Gunawan Pangki, Syamsu Alam dan Ambo Enre jika dia ingin kembali bersaing ke Senayan.

“Basis mereka beririsan di wilayah Bosowasi. Oleh karena itu Syamsu Niang patut mewaspadai pergerakan kompetitor di internalnya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kehormatan PDI Perjuangan Sulsel, Andi Ansyari Mangkona mengungkapkan, menurut hasil survei, PDIP di dapil Sulsel II mampu meraih suara hampir dua kursi.

Sehingga, lanjut dia, pihaknya akan kerja ekstra agar dapat meraih dua kursi pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Kalau hasil survei, saat ini kami baru memperoleh satu setengah kursi. Jadi Kami memiliki target bagaimana bisa meraih dua kursi,” ungkapnya.

Diketahui, di Sulsel II ini, 18 partai politik akan merebutkan 9 kursi. Masing-masing partai memiliki peluang meraih sampai dua kursi. Seperti di Pemilu 2019 silam, Golkar mampu meraih dua kursi di sembilan kabupaten/kota pemilih mereka.

Ansyari Mangkona melanjutkan, dari sembilan bacaleg PDIP di dapil Sulsel II, lima diantaranya sudah intens turun ke masyarakat untuk bersosialisasi. Mulai dari kandidat petahana Samsu Niang, La Ode Abdul Rauf, Gunawan Pakki, Ambo Enre dan Syamsu Alam.

“Lima orang ini sudah massif melakukan sosialisasi, sementara caleg yang lain mungkin dia lebih banyak sosialisasi dengan door to door,” beber Ansyari Mangkona yang juga legislator DPRD Sulsel ini.

Untuk siapa berpotensi terpilih, Andi Ashari tidak ingin menyebutkan secara spesifik, karena semua bacaleg memiliki peluang yang sama untuk meraih suara terbanyak di internal mereka. Tapi kandidat petahan Syamsu Niang, kata dia, pasti lebih besar karena sebagai petahana.

“Saya tidak bisa memastikan siapa yang akan terpilih. Tetapi, yang berpeluang besar untuk duduk di DPR RI ialah Syamsu Niang,” tutupnya. (*/raksul)

  • Bagikan