ASD Yamaha Sulselbar Bagi Tips Perawatan Kendaraan Sambut Musim Penghujan

  • Bagikan
Mekanik melakukan perawatan kendaraan untuk persiapan di musim penghujan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Makassar kini memasuki musim penghujan. Tak sekedar meningkatkan kewaspadaan berkendara, masyarakat juga harus menjaga kondisi kendaraan utamanya roda dua agar tetap prima.

Meski rajin melakukan servis berkala terhadap sepeda motor, pengecekan juga harus terus di massifkan agar tetap aman dan nyaman saat berkendara di musim hujan.

Menurut Saleh, Area Service Development, Yamaha area Sulselbar, PT. Suracojaya Abadimotor, Terdapat 7 perawatan ringan sepeda motor di musim hujan agar kendaraan prima dan perjalanan lancar.

selain perawatan mesin tentunya perawatan body akan menjadi salah satu yang harus diperhatikan di musim penghujan.

“Bila sepeda motor terkena air hujan saat riding cukup lama, segera dicuci, karena air hujan memiliki kandungan zat asam yang dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa bagian sepeda motor, bahkan bisa saja akan mengakibatkan cat di permukaan body motor luntur,” ujar Saleh.

Selain itu Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan perawatan sepeda motor saat musim hujan.

Yang pertama kata Saleh adalah menggunakan penutup rantai motor untuk tipe motor bebek dan sport, “Air hujan memiliki kandungan zat asam, karenanya jika terkena rantai motor kemungkinan bisa mengakibatkan karat. Jika sepeda motor tidak menggunakan penutup rantai tentunya akan sangat rentan dapat menimbulkan karat pada rantai,” Jelasnya.

“Selanjutnya periksa kondisi alur ban, alur ban berfungsi untuk membelah atau menerobos genangan air hujan, dan tekanan udara pada ban berfungsi agar pengendalian stang lebih ringan ketika menerjang genangan air hujan tersebut. jika kondisi alur ban tidak layak, maka dapat mengakibatkan slip atau aquaplaning,”

  • Bagikan