Menkumham Yasonna H. Laoly Dorong BPSDM Bangun Peta Jalan Pengembangan Kompetensi SDM Kemenkumham

  • Bagikan

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Rapat Koordinasi Evluasi Kinerja BPSDM Hukum dan HAM, dibuka secara langsung oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly, di Hotel JS. Luwangsah.

“BPSDM perlu melakukan evaluasi kinerja dan membangun arah ataupun peta jalan pengembangan kompetensi yang memuat rencana secara detail dengan indikator terarah dan target tertentu guna mencapai tujuan,” ujar Yasonna saat memberikan sambutan.

Selanjutnya Yasonna menambahkan bahwa dalam rapat koordinasi BPSDM ini akan didapatkan feedback peningkatan dan penilaian kompetensi pegawai, mengidentifikasikan peta kebutuhan dan penilaian kompetensi ASN, dan mengidentifikasi strategi yang efektif dalam mengembangkan kompetensi pegawai.

“Organisasi haruslah dinamis, adaptif, memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang bertalenta dan proses bisnis yang cepat. Untuk itu, pembangunan SDM merupakan titik tumpuan (pivot) utama sekaligus fondasi dalam berkompetisi dengan negara lain,” terang Yasonna

Lebih lanjut, Yasonna menjelaskan bahwa syarat agar SDM Indonesia bisa bersaing dengan negara lain, yaitu pembangunan SDM dan pembangunan infrastruktur harus berjalan beriringan.

Sejalan dengan ini, BPSDM Hukum dan HAM harus dapat mempercepat perbaikan kualitas SDM Kementerian Hukum dan HAM sehingga SDM Kemenkumham mampu unggul dalam segala bidang dan dapat bersaing secara global.

Pada akhirnya, Yasonna H. Laoly memberikan apresiasi kepada Kantor Wilayah atas atensinya didalam merespon program-program penilaian dan pengembangan kompetensi.

Ia juga mengingatkan bahwa Rapat Koordinasi Evaluasi Kinerja BPSDM Hukum dan HAM memiliki peranan penting bagi Kemenkumham.

“Ikuti setiap kegiatan dan pembahasan dengan sungguh-sungguh dan bekerja secara maksimal demi tercapainya output kegiatan guna meningkatkan kualitas SDM dan pelayananan publik Kemenkumham,” imbuhnya.

Rapat Koordinasi BPSDM kumham yang mengangkat tema SDM Kompeten Berakhlak Indonesia Maju ini turut diikuti oleh Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Sulsel yakni Kepala Divisi Administrasi Indah Rahayuningsih dan Kepala Divisi Keimigrasian Jaya Saputra yang mewakili Kakanwili Liberti Sitinjak.

Terpisah dalam keterangannya, kakanwil Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak siap dana akan terus mendukung program- program penilain dan pengembangan kompetensi demi peningkatan kualitas SDM Kemenkumham. (Hikmah)

  • Bagikan