Maros Terbaik Pencapaian TPBIS di Sulsel, Chaidir Syam Beri Penghargaan Kades

  • Bagikan

MAROS, BACAPESAN.COM – Bupati Maros, Chaidir Syam menyerahkan penghargaan kepada sejumlah Perpustakaan Desa di kabupaten Maros melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros, Senin 4 Desember 2023 di Perpustakaan Ibu dan Anak Kabupaten Maros.

Chaidir Syam didampingi Kadis Perpustakaan dan Kerasipan Kab. Maros Amiludin A, Konsultan Koordinator Wilayah Tiga Sulawesi TPBIS, Gutriyana, Konsultan TPBIS Andi Gusnaningsi, Koordinator Wilayah Sulawesi,  Nasruddin dari PIC Provinsi Dinas Perpustakaan dan Kearispan Provinsi Sulawesi Selatan.

Menurut Chaidir Syam, perpustakaan desa tak sekadar tempat membaca buku saja, melainkan menjadi tempat berkegiatan bagi semua pihak, termasuk tempat arisan ibu-ibu, pengajian dan pusat asa keterampilan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”

Saya mengucapkan terima kasih kepada para Kepala Desa yang telah ikut memikirkan serta ikut mencerdaskan anak-anak kita untuk membaca buku di perpustakaan desa” papar Chaidir Syam di depan pengelola perpustakaan desa dan kepala desa di Kab.Maros.

Chaidir Syam berharap agar setiap kegiatan yang ada di perpustakaan desa diimput agar terinklud dengan baik. “ Ketika kita membangun sumber daya manusia, sesungguhnya kita merawat peradaban kita” tegas Bupati Maros Penerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional, Kategori Pejabat Publik pada 2022 ini.

Sementara Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kab.Maros, Amiludin A, dalam pengantar prolognya di depan 32 Kades, perwakilan pengelola Perpustakaan desa, memberi alasan kalau Bupati Maros Chaidir Syam, sangat tepat memberi penghargaan kepada para pengelola perpustakaan desa yang aktif dan terbaik di Kabupaten Maros. Selain kata Amiludin, pencapaian program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial terbaik di Sulawesi Selatan, Maros juga adalah kabupaten yang telah mereflikasi TPBIS atas kerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel.

“Capaian implementasi program berdasarkan KPI Provinsi Sulawesi Selatan, pada November 2023, Kabupaten Maros menempati kebupaten, kota terbaik di Sulsel dalam implementasi Program TPBIS yaitu berada pada nilai 81” papar Amiludin A.

Nah, di ujung acara Penyerahan Penghargaan Perpustakaan Desa Kabupaten Maros, Tokoh Literasi Bachtiar Adnan Kusuma, didaulat memberi epilog sekaligus inspirating bagi para pengelola perpustakaan desa Kabupaten Maros. Bachtiar Adnan Kusuma yang juga Ketua Forum Nasional Penerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional, Kepala Badan Pengembangan Literasi PP IKA BKPRMI, Pengurus Pusat Gerakan PemasyarakatanMinat Baca, Deklarator Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia dan Ketua Tim Pendamping Literasi Kabupaten Maros ini, menguraikan kalau mengelola perpustakaan desa tak hanya bertumpu pada penyediaan adminitrasi toh, tapi penting bagaimana menyediakan relawan di perpustakaan desa dengan melibatkan anak-anak muda, Karang Taruna, majelis taklim, tokoh-tokoh masyarakat.

Nah, kata BAK, lebih penting bagaimana mengelola perpustakaan desa dengan menjalin kerjasama dengan pihak luar, caranya dengan memanfaatkan media sosial dan media online. Kuncinya, lanjut BAK, khusus pengelola perpustakaan desa bagaimana memikirkan agar kegiatan-kegiatannya berkelanjutan di perpustakaan desa secara terus menerus juga pihak Pemeriantah ikut serta memikirkan bagaimana kedepan agar ada insentif bagi para pengelola perpustakaan desa non PNS. (*)

  • Bagikan