Siap-siap Bulan Januari Puncak Musim Hujan di Kota Makassar

  • Bagikan
Ilustrasi

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV memprediksi musim hujan terjadi hingga Juni 2024 mendatang. Khusus di Makassar, puncak musim hujan terjadi pada awal Januari.

Subkoordinator Pelayanan BBMKG IV, Rezky Yudha mengatakan, untuk puncak musim hujan di wilayah Sulsel bagian utara, diprakirakan terjadi Maret. Sedangkan Sulsel bagian timur, terjadi pada Juni.

“Sulsel bagian barat (seperti Makassar) secara umum pada Januari,” ujarnya, Minggu, 3 Desember.

Rezky menambahkan, saat ini Makassar telah masuk dalam awal musim hujan. Seperti yang terjadi kemarin, hujan turun hampir secara merata di sore hari.

“Hujan sekarang kan terjadi itu bisa sedang hingga lebat, tapi itu terjadi siang dan sore. Nanti saat puncaknya, di Sulsel bagian barat masuk Makassar ini hujannya terjadi dari pagi hingga dinihari,” bebernya.

Selain hujan, prakirawan BMKG Makassar juga mencatat, kecepatan angin pada awal musim hujan termasuk tinggi. Hal itu diakibatkan karena awan kumulonimbus.

“Karena skala ruang itu sempit, dan hanya ada beberapa wilayah saja yang mengalami angin kencang, dan ini karena awan tadi,” papar Rezky.

“Tapi nanti (diperkirakan) pada Januari itu karena angin monsun Asianya sudah kuat, sehingga wilayah atau skalanya akan lebih luas. Seperti nanti di wilayah Sulsel bagian barat dari wilayah pesisir Parepare sampai Makassar itu akan kencang,” tambahnya.

  • Bagikan