Seminar Internasional Unifa Bahas Manajemen Infrastruktur Pintar

  • Bagikan
Panitia, Pembicara, dan para peserta berfoto bersama usai seminar internasional yang dilaksanakan oleh Universitas Fajar.

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Universitas Fajar (unifa) Makassar menggelar seminar internasional bertema “Smart Infrastructure Management” di D’Edelweiss Ballroom Unifa, Rabu 13 Desember 2023.


Seminar ini menghadirkan dua pembicara yakni Expert JICA Project in Indonesia Infrastructure Dr. Eng. Ir. Ibrahim Djamaluddin dan IMV (international mechanical vibration) Corporation Yasuhiro Okuda. Seminar ini dibuka oleh wakil menteri ketenagakerjaan RI Ir. Afriansyah Noor melalui sambungan zoom meeting.

“Semoga seminar ini bisa melahirkan rumusan-rumusan mitigasi bencana yang bermanfaat,” ungkap Afriansyah saat membuka seminar dari ruang kerjanya.

Rektor Unifa Makassar yang diwakili Deputi I Unifa Dr. Ir. Ismail Marzuki mengapresiasi seminar internasional yang diselenggarakan oleh program studi magister rekayasa infrastruktur dan lingkungan unifa makassar. Ismail berharap seminar ini bisa memberikan manfaat yang luas.

“Terimakasih untuk program studi magister rekayasa infrastruktur dan lingkungan yang menyelenggarakan kegiatan ini, mengingat indonesia merupakan negara dengan gunung berapi aktif terbanyak didunia sehingga potensi bencana cukup tinggi,” ungkapnya.

Smart Infrastructure Management merupakan penggunaan teknologi dan data untuk mengelola dan mengoptimalkan infrastruktur fisik seperti jaringan listrik, sistem transportasi, dan fasilitas air. dengan teknologi pengumpulan data secara real-time ini, maka infrastruktur bisa terpelihara dari ancaman bencana sehingga bisa meningkatkan efisiensi. Smart Infrastructure Management saat ini banyak diterapkan oleh negera negara maju maupun negara berkembang yang rawan bencana.

Expert JICA Project in Indonesia Infrastructure Dr. Eng. Ir. Ibrahim Djamaluddin memaparkan pentingnya pengelolaan infrastruktur cerdas untuk meminimalisir resiko kerusakan. Lulusan departement of environment engineering hasanuddin university dan disaster risk reduction reasearch centre, Khushu University ini banyak memberikan contoh pengelolaan infrastruktur cerdas di Jepang.

  • Bagikan