Presiden Jokowi Resmikan BTS 4G di Kepulauan Talaud

  • Bagikan
Presiden RI Joko Widodo pada peresmian BTS 4G di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Kamis (28/12/2023)

SULUT, BACAPESAN.COM — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pentingnya konektivitas melalui akses internet yang dihasilkan dari pembangunan infrastruktur menara Base Transceiver Station (BTS) 4G. Konektivitas itu bertujuan untuk menjangkau dan menghubungkan seluruh lapisan masyarakat dengan memperkuat persatuan bangsa.

Presiden mengemukakan hal tersebut saat meresmikan pengoperasian sinyal BTS 4G yang dibangun oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), serta pengoperasian dan integrasi Satelit Republik Indonesia-1 (SATRIA-1) di BTS Bowombaru Utara, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, Kamis, (28/12/2023).

“Kita sudah membangun berbagai infrastruktur konektivitas, kita juga membangun tol langit agar seluruh lapisan masyarakat memiliki akses yang setara ke dunia digital, termasuk dalam pembangunan BTS,” beber Jokowi.

Menara BTS 4G di Kabupaten Kepulauan Talaud ini merupakan salah satu dari total 4.990 menara lainnya yang berhasil dibangun dan beroperasi di daerah-daerah tertinggal, terdepan, terluar (3T) dalam empat bulan terakhir.

Presiden merasa bersyukur dengan selesainya pembangunan BTS 4G di Talaud. Namun, beliau juga menginstruksikan agar pembangunan BTS 4G di Tanah Papua segera diselesaikan.

Jokowi menyebut bahwa masih terdapat 630 lokasi di Tanah Papua yang belum tersentuh. Meskipun kondisi medannya sulit dan keamanannya perlu didampingi, Presiden telah memerintahkan Panglima TNI dan Kapolri untuk segera memulai pembangunan di wilayah tersebut.

Turut mendampingi Presiden pada kesempatan tersebut antara lain Menteri Komunikasi dan informatika Budi Arie Setiadi, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut. (fajar online)

  • Bagikan