Kaesang Optimis Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

  • Bagikan
Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep

Strategi pemenangan satu putaran juga didukung oleh hasil survei dari Indikator Politik Indonesia, yang menunjukkan Prabowo-Gibran memperoleh suara 46,7%, lebih unggul dari rivalnya.

Sementara itu, Burhanuddin Muhtadi dari Indikator Politik Indonesia menekankan bahwa swing voters dapat memainkan peran kunci dalam menentukan apakah Pilpres 2024 dapat diselesaikan dalam satu putaran dan siapa yang akan mendampingi Prabowo-Gibran jika terjadi dua putaran.

Survei yang dilakukan oleh CSIS juga mencerminkan keunggulan Prabowo-Gibran, dengan elektabilitas mencapai 43,7%. Meskipun survei CSIS memprediksi bahwa peta elektoral masih bisa berubah, tren saat ini menunjukkan posisi yang sangat kuat untuk Prabowo-Gibran.

“Kalau misalnya paslon 02 berhasil merebut sebagian besar dari basis pemilik swing (voters) yang sudah punya preferensi dari ketiga calon maupun pemilih undecided, kemungkinan (Pilpres 2024) bisa satu putaran,” ucap Direktur Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi pers secara daring pada Selasa (26/12/2023).

Sementara itu menurut Direktur Program Nusantara Strategic Network (NSN), Huslidar Riandi, mengungkapkan bahwa Prabowo-Gibran memiliki peluang besar untuk memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dalam satu putaran.

Berdasarkan survei terbaru yang dilaksanakan oleh NSN, elektabilitas pasangan ini telah mencapai 50,8%, yang menandakan posisi mereka yang kuat di atas ambang batas kemenangan tunggal.

Riandi menyoroti bahwa dukungan untuk Prabowo-Gibran telah meningkat secara signifikan sejak mereka didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) tiga bulan lalu, dengan kenaikan elektabilitas dari 44,5% menjadi 50,3% dalam satu bulan.

  • Bagikan