Unifa Pertahankan Klaster Utama Perguruan Tinggi, Target Masuk Klaster Mandiri

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Universitas Fajar (Unifa) berhasil mempertahankan klasterisasi Utama ditahun 2024 ini. Hal tersebut Berdasarkan pengumuman klasterisasi Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Akademik tahun 2024 oleh Kemendikbud Ristek Dikti 30 Desember 2023.

Dalam pengumumannya, Kemendikbud Ristek Dikti merilis Klasterisasi 943 Perguruan Tinggi di Indonesia yang terdiri dari Klaster Mandiri, Utama, Madya dan Pratama. 47 Universitas masuk kedalam klaster mandiri, 194 Universitas masuk klaster utama diantaranya Unifa, 277 Universitas masuk klaster madya dan 425 Universitas masuk klaster pratama.

Rektor Universitas Fajar (Unifa) Dr. Muliyadi Hamid merasa bersyukur Unifa bisa mempertahankan klaster utama ditahun 2024 dan menargetkan Unifa nantinya bisa masuk Klaster Mandiri.

“Sekarang kami akan mantapkan dulu dosen-dosen untuk meningkatkan riset dan publikasi ilmiah selama 2 tahun kedepan. Harapannya ditahun ketiga Unifa bisa masuk klaster mandiri” Ungkapnya.

Klasterisasi Perguruan Tinggi tahun 2024 ini didasarkan pada hasil olahan data kinerja perguruan tinggi berbasis SINTA dalam periode tahun 2020 hingga 2022. Data kinerja yang diperhitungkan merupakan data yang telah diverifikasi dan divalidasi oleh verifikator Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Perguruan Tinggi. Penilaian tersebut meliputi data penulis (author), afiliasi (affiliation), artikel (article), penelitian (research), pengabdian kepada masyarakat (community service), kekayaan intelektual (intellectual property rights), dan buku (book).

Klasterisasi ini merupakan pengelompokan perguruan tinggi sesuai dengan kualifikasi kinerja perguruan tinggi sebagai dasar penyusunan peta jalan riset dan rencana strategis, serta sebagai landasan penentuan kewenangan pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi. (*)

  • Bagikan