Dari Kembar ke Akbar, Ini Makna Perubahan Nama Jembatan yang Diresmikan Pj Gubernur Sulsel di Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID — Jembatan yang terletak di Jalan Suaka Alam Lestari, Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare berganti nama.

Dulunya, jembatan tersebut dikenal dengan jembatan kembar. Kini, berubah nama menjadi jembatan akbar.

Itu setelah, Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin meresmikan jembatan akbar tersebut, pada Selasa (9/1/2024).

Hadir, Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali, bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Perubahan nama tersebut bukan tanpa alasan, meski kebetulan menyerupai nama Pj Wali Kota Parepare.

Namun penamaan tersebut mempunyai makna mendalam di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) VI. Di mana kata ‘akbar’ diartikan ‘besar’.

Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali memaknai, jembatan yang dibangun atas bantuan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) lahir berkat pemikiran pemimpin-pemimpin besar di Sulsel. Yakny, Di antaranya mantan Gubernur Sulsel, Andi Sudirmin Sulaiman dan mantan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

“Selain lahir dari pemikiran para pemimpin-pemimpin besar di Sulsel tersebut, juga saya maknai karena jembatan tersebut melintasi sungai besar. Pun karena ukuran Jembatan yang besar di antara jembatan yang ada di Parepare,” papar Akbar Ali.

Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengatakan, hadirnya jembatan yang menghubungkan Kecamatan Bacukiki Barat dan Bacukiki ini untuk mempercepat akses masyarakat Kota Parepare.

Pembangunan jembatan menggunakan bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Sulsel kurang lebih Rp30 miliar dan anggaran APBD Kota Parepare sebesar Rp3 miliar.

“Saya kira memang kebutuhan kita membangun jembatan ini sangat besar sekali di Sulsel. Banyak jembatan yang kita bangun untuk menghubungkan antar daerah atau menghubungkan akses-akses daerah tertentu,”ujarnya.

Dari kurang lebih 2.300 km panjang jalan dan jembatan, menjadi kewajiban Pemprov Sulsel atau yang disebut jalan provinsi.

Bahtiar berharap jembatan akbar ini dapat menjadi akses bagi masyarakat untuk menumbuhkan perekonomian mereka.

“Kita berharap jembatan ini dapat mengurai kemacetan kendaraan dari daerah-daerah, dan dapat menjadi akses masyarakat Parepare untuk lancarnya usaha-usaha mereka yang tinggal di wilayah Bacukiki dan Bacukiki Barat,” pungkasnya.(rud)

  • Bagikan