Jelang Pemilu, Bawaslu Tator Fasilitasi Pelatihan Saksi Parpol

  • Bagikan
Mantan Komisioner Bawaslu Tator, Rahmad Hidayat menjadi pemateri dalam kegiatan pelatihan saksi partai politik (parpol), di Hotel Pantan, Makale, Tator, Kamis, 11 Januari 2024.

TANA TORAJA, BACAPESAN.COM – Menjelang pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tana Toraja (Tator) menggelar fasilitasi pelatihan saksi partai politik (parpol), di Hotel Pantan, Makale, Tator, Kamis, 11 Januari 2024.

Ketua Bawaslu Tator, Elis Mangesa mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan menfasilitasi saksi parpol yang akan bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya, dengan memberikan materi terkait apa saja yang akan dilakukan di TPS sesuai aturan yang ada dan jika menemukan hal-hal yang tidak sesuai dapat melaporkan kepada pengawas TPS yang ada.

“Kegiatan ini adalah menfasilitasi pelatihan saksi, karena ini sangat penting dilaksanakan untuk membekali sanksi partai yang akan bertugas di TPS nantinya,” beber Elis.

“Kita berharap materi yang didapatkan dalam kegiatan ini, setelah kembali partai politik bisa membekali saksi yang telah dipilih nantinya tentang tugas dan tanggungjawab saksi di TPS,” pungkas Elis.

Dirinya menambahkan bahwa saat ini Bawaslu dalam waktu dekat akan segera mengumumkan sebanyak 814 orang Pengawas TPS (PTPS). Namun ada kendala yang dialami karena ada beberapa TPS yang PTPSnya tidak karena terkendala beberapa persyaratan salah satunya umur yang minimal 21 tahun. Namun dirinya mengakui bahwa saat ini pihaknya sedang mengupayakan dengan memberikan beberapa kelonggaran seperti dari umur dan pendidikan mengingat tidak ada peminatnya. (Cherly)

  • Bagikan