Puluhan Ribu Surat Suara Pemilu 2024 Ditemukan Rusak, KPU Parepare Usulkan Segera Diganti

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare menemukan sebanyak 10.456 lembar surat suara rusak untuk pemilihan umum (pemilu) 2024.

Surat suara yang rusak tersebut, ditemukan setelah proses sortir dan pelipatan (sorlip).

Kegiatan itu, berlangsung di Gudang KPU Kota Parepare, Jalan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat.

Ketua KPU Kota Parepare Muh Awal Yanto mengatakan, surat suara yang ditemukan rusak itu, terdiri dari surat suara presiden dan wakil presiden (PWP) sebanyak 133 lembar, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) ada 291 lembar dan DPRD Provinsi Sulsel sekitar 10.032 lembar.

“Dari proses sorlip kami menemukan puluhan ribu surat suara yang rusak, dan kerusakan yang ditemukan ini karena adanya bercak tinta di dalam kolom kertas surat suara Pemilu 2024,” katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya telah mengusulkan surat suara yang rusak kepada KPU Provinsi untuk diganti.

“Kami sudah buat berita acara untuk pergantian. Dan kami masih menunggu arahan KPU Provinsi Sulsel terkait ini,” jelasnya.

Dia juga mengungkapkan, akan kembali melakukan koordinasi dengan KPU Sulsel, terkait dengan pemusnahan surat rusak yang rusak.

“Kami akan melakukan koordinasi dengan pimpinan di KPU Provinsi Sulsel. Kalau terkait pemusnahan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk proses sorlip ini sudah belangsung selama enam hari, dan ditargetkan Sabtu 13 Januari 2024, bisa rampung 100 persen.

“Untuk proses sorlip nya target awal kami 4 hari. Cuman setelah di evaluasi kami melakukan penambahan sebanyak 3 hari. Jadi total 7 hari. Insyaallah besok rampung mi semua,” tandasnya. (rud)

  • Bagikan