Waspadai Cuaca Ekstrem, Pemkot Parepare Aktifkan Posko Siaga di Gedung Call Center 112

  • Bagikan

PAREPARE,BACAPESAN.FAJAR.CO.ID– Cuaca ekstrem sudah memasuki puncak. Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dan sigap menghadapi segala kemungkinan.

Apalagi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini terkait potensi cuaca ekstrem di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Diperkirakan, mulai Senin-Rabu, 15 hingga 17 Januari 2024 sejumlah daerah di Sulsel akan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai kilat/petir, dan angin kencang.

Hal itu, disampaikan Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Parepare Erik Husain, yang dihubungi Senin, 15 Januari, 2024 malam.

“Sesuai dengan peringatan dini yang dikeluarkan oleh BMKG mengenai adanya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang yang diperkirakan akan terjadi selama 3 hari kedepan terhitung sejak tanggal 15 – 17 Januari 2024 untuk wilayah Sulawesi Selatan,” katanya.

Terkait hal itu, kata dia BPBD Kota Parepare telah mengambil langkah proaktif dengan melakukan koordinasi bersama instansi dan stakeholder terkait.

“Kami telah melakukan koordinasi dengan instansi dan stackholder terkait untuk meningkatkan kesiapsiagaan dengan mengaktifkan posko siaga pada gedung Call Center Terpadu 112,” jelasnya.

Dia mengimbau masyarakat agar tetap waspada, terutama yang tinggal di sepanjang bantaran sungai. Termasuk, nelayan untuk memperhatikan kondisi cuaca sebelum berlayar.

“Jika ada kejadian darurat. Kami menyiapkan layanan 112, dan dapat diakses untuk melaporkan atau memberikan informasi terkait dengan kejadian darurat untuk segera ditindaklanjuti sesuai dengan kebutuhan,” tandasnya.(rud)

  • Bagikan