Pegadaian Makassar Target Perkuat Ekosistem Emas Di 2024

  • Bagikan

Hal penting yang juga diupayakan Pegadaian adalah meningkatkan jumlah nasabah. Salah satu langkah yang diambil Pegadaian adalah menghadirkan literasi keuangan yang masyarakat masih banyak yang belum bisa memahami.

“Untuk program yang sifatnya mendapatkan jumlah nasabah, kita akan meningkatkan digitalisasi keuangan sehingga tidak ada gap antara penggunaan produk keuangan dengan pemahaman atau literasi keuangan masyarakat,” ungkap Irwan.

Lebih jauh, di 2024 Pegadaian menargetkan terus bertumbuh, “Target di tahun ini adalah tumbuh signifikan dari 6,47 Triliun naik menjadi 7,2 hingga 9 Triliun dengan Total kenaikan mencari 1,3 persen atau 9 Triliun. Khusus Gadai emas ditargetkan melampaui capaian di 2023 lalu yang atau diusahakan mencapai 800 Miliar,” sebutnya.

Di sisi lain, tahun 2024 yang juga merupakan tahun pemilu diperkirakan akan mendongkrak penjualan maupun gadai emas.

“Pemilu kondisinya unik, sebelumnya di pemilu tahun 2019 lalu transaksi masyarakat terhadap emas cenderung tinggi.

“Analisa kami mungkin saja sebagian masyarakat ada yang menggunakan emas untuk modal pemilu, namun pemilu sendiri perlu kajian tersendiri membedahnya. Harapan kami tahun ini kurang lebih sama dengan 2019,” pungkasnya.

Selain pemilu, Iwan mengungkapkan hari-hari besar menjadi momen yang berpengaruh terhadap transaksi emas.

“Yang paling berpengaruh biasanya lebaran. Jumlah calek di banding menjadi calek tidak terlalu besar. Harapan kami jika menjadi tres diharapkan kembali 2019,” katanya.

Harapan di 2024, Pegadaian Kanwil VI Makassar mampu mencapai target hingga 193 miliar khusus penjualan.” Target kami tahun ini terkait penjualan, tidak hanya cicil emas yang berkembang tetapi juga tabungan emas. Intinya bagaimana kita membangun ekosistem emas. Penjualan makin banyak dan simpanan emas banyak,” harapnya. (Hikmah)

  • Bagikan