Komitmen Kalla Tangani Perubahan Iklim Lewat Penyulaman 10.000 Bibit hingga Awal 2024

  • Bagikan
Penyulaman bibit mangrove di Kelurahan Tekolabbua

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kalla Group melakukan penyulaman 10.000 bibit mangrove hingga awal tahun 2024 dalam upaya untuk menjaga dan memastikan bibit mangrove tumbuh dengan baik.

Pada tahun 2022 lalu, CSR Kalla sukses menggelar penanaman 32.000 mangrove di Kepiting Tambak Kelurahan Tekolabbua, Kecamatan Pangkaje’e, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan menyambut HUT ke 70 tahun Kalla.

Program CSR ini sepenuhnya melibatkan masyarakat di Kelurahan Tekolabbua melalui kelompok tani nelayan sejahtera sebagai pelaksana program, mulai dari kegiatan pembibitan, penanaman dan pemeliharaan tanaman mangrove.

Selain penyulaman 10.000 bibit, Kalla juga melakukan pembangunan pondok kerja pembibitan serta perbaikan lokasi pembibitan mangrove yang diharapkan anggota kelompok tani lebih nyaman dalam bekerja dan fungi pembibitan menjadi maksimal yaitu produksi bibit mangrove mencapai 100.000 bibit per tahun.

Setelah memasuki tahun ke-5 program pada periode 2027, hasil penanaman dari tahun ke-1 sampai ke-3 tanaman mangrove telah mampu survive dan bertahan hidup dari kondisi iklim dan diharapkan berkontribusi pada perlindungan ekosistem pantai dari abrasi dan tentunya mendukung mata pencaharian warga berupa tambak udang dan kerang.

Tanaman mangrove ini sangat bermanfaat bagi ekosistem karena dapat menyerap karbon lima kali lebih besar dari tanaman lain memiliki keterkaitan erat terhadap perubahan iklim. Keberadaan mangrove yang sehat di kawasan pesisir juga dapat meningkatkan resiliensi masyarakat pesisir terhadap perubahan iklim dan meminimalisir dampak bencana alam, seperti tsunami, badai dan gelombang atau fungsi adaptasi.

Mangrove turut serta dalam mengendalikan perubahan iklim dengan berperan sebagai paru-paru dunia melalui penyerapan dan penyimpanan karbon biru atau fungsi mitigasi.

  • Bagikan