Asmo Sulsel Bagi Tips Motor Awet : Dipanaskan Sebelum Dikendarai

  • Bagikan
IST

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Memanaskan mesin kendaraan sepeda motor sebelum aktivitas sehari-hari perlu dilakukan. Hal itu agar beberapa bagian mesin sepeda motor mendapatkan pelumas sebelum mengaspal dengan jarak yang jauh dan lama.

Technical Service Manager Astra Motor Sulawesi Selatan, Nindyatama, mengatakan bahwa durasi memanaskan sepeda motor yang menggunakan sistem karburator berbeda dengan sepeda motor Fuel Injection atau FI.

“Untuk motor yang masih menggunakan karburator, maksimal memanaskan motor sekitar tiga menit. Sedangkan motor injeksi atau FI cukup 30 detik sampai satu menit,” ucap Nindyatama Kamis (1/2/2024)

Menurut Nindyatama, perbedaan itu karena sistem stasioner pada sepeda motor injeksi bakal berjalan otomatis manakala kendaraan menyala. Hal itu membuat oli dapat bersirkulasi dengan baik.

Adapun tujuan dari memanaskan sepeda motor untuk menghangatkan oli yang dingin. Jika tidak dihangatkan, oli yang dalam kondisi dingin tidak langsung bersirkulasi dalam mesin.

“Karena itu, memanaskan sepeda motor cukup penting. Karena jika oli belum bersirkulasi dengan baik di mesin, akan ada pergesekan setiap komponen yang bisa membuat masalah pada mesin,” ucapnya.

Kemudian, Nindyatama mengingatkan kepada pengendara untuk tidak memanaskan sepeda motor lama-lama karena akan membuat bahan bakar berkurang sia-sia.

  • Bagikan