Hadapi Rekap Di PPK, Polres Tator Gandeng Nakes Pemda Siapkan Posko Kesehatan

  • Bagikan
Posko kesehatan yang disediakan Polres Tator bagi penyelenggara dan personil pengamanan di TPS dan juga di PPK.

TANA TORAJA, BACAPESAN.COM – Setelah tungsura (pemungutan dan perhitungan suara) di tingkat Tempat Pemungutan suara oleh KPPS pada pemilihan umum (pemilu) tahun 2024, telah selesai dengan baik, selanjutnya akan dilakukan rekapitulasi perhitungan suara di tingkat kecamatan yakni di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Dimana saat ini masih sebagian wilayah masih melakukan proses distribusi kotak suara dari TPS ke PPK. Demi menjaga kesehatan penyelenggara di tingkat PPK, TNI, Polres yang akan bertugas di PPK nanti, maka Polres Tana Toraja (Tator) gandeng tenga kesehatan (nakes) dari pemerintah daerah (pemkab) untuk menyediakan posko-posko di sejumlah PPK yang ada di Tator.

Menurut Kapolres Tator, AKBP Malpa Malacoppo, kepada media bahwa untuk menjaga kesehatan personil yang melaksanakan pengamanan TPS baik dari petugas TNI – Polri termasuk petugas, KPU dan Bawaslu, pada proses tungsura hingga distrubusi ke PPK itu disediakan posko kesehatan. Dan untuk proses rekapitulasi di tingkat PPK pun akan disediahkan posko kesehatan juga di setiap kecamatan yang ada.

“Hari ini kami dari Polres Tana Toraja bekerjasama dengan Tim Tenaga Kesehatan, kembali menyediakan posko pelayanan kesehatan bagi petugas yang akan melaksanakan pengamanan pada rekap tingkat PPK, baik itu TNI – Polri maupun penyelenggara PPS, PPK, Pengawas yang ada di setiap PPK pada kantor Kecamatan yang ada di Tana Toraja,” beber Malpa Malacoppo di Makale, Kamis, 15 Februari 2024.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa seperti diketahui bersama personil sebelumnya telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan sebelum diploting pada TPS masing – masing, kemudian tim Nakes dari Pemda juga menyediakan tenaga kesehatan di setiap TPS, untuk tetap menjaga kesehatan personil. Maka kamipun akan kembali menyediakan Posko layanan kesehatan di PPK Kantor Kecamatan. Yang bertujuan untuk memeriksa ulang kondis kesehatan personil serta memberikan vitamin dan minuman suplemen.

Ditambahkan Malpa Malacoppo bahwa pemeriksaan kesehatan terhadap para penyelenggara pemilu dan personil TNI, Polri yang bertugas di PPK, meliputi periksaan tensi, kolestrol, asam urat dan gula darah. (Cherly)

  • Bagikan